Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Pasukan Ukraina Serang Balik Tentara Rusia, Rebut Kembali Wilayah di Sekitar Kiev

Kompas.tv - 24 Maret 2022, 10:18 WIB
pasukan-ukraina-serang-balik-tentara-rusia-rebut-kembali-wilayah-di-sekitar-kiev
Pasukan Ukraina berjaga di Irpin, barat laut Kiev. Tentara Ukraina menegaskan telah siap menghadapi serangan Rusia di Kiev, setelah Ibu Kota tersebut dikepung oleh lawan. (Sumber: AP Photo/Efrem Lukatsky)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Fadhilah

KIEV, KOMPAS.TV - Pasukan Ukraina dilaporkan melakukan serangan balik kepada tentara Rusia, dan merebut kembali sejumlah wilayah di sekitar Ibu Kota Kiev.

Pemerintahan lokal Kota Makariv, di sebelah barat Kiev, mengatakan, bendera Ukraina sudah kembali berkibar di sana lagi.

Seorang juru bicara Departemen Pertahanan AS mengatakan, Ukraina juga kembali menduduki sejumlah bagian di selatan negara.

Dikutip dari BBC, di kota kecil Voznesensk, tentara Rusia pun memukul mundur dan sebuah konvoi mobil bersenjata dihancurkan.

Baca Juga: Pejabat Senior Putin Mundur, Diduga Menentang Penyerangan Rusia ke Ukraina

Sedangkan di Kherson, kota penting di Ukraina yang pertama jatuh ke tangan Rusia, saat ini tengah dilakukan operasi untuk merebut kembali kota tersebut.

Serangan balik yang dilakukan Rusia membuat salah seorang analis pertahanan Inggris mengungkapkan kemungkinan Moskow mengubah strategi.

Namun, penilaian terbaru dari Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan, pasukan Rusia di Ukraina mulai bergerak dari utara ke selatan, untuk “menyelimuti pasukan Ukraina di timur negara itu”.

Berdasarkan catatan tersebut, disebutkan bahwa tentara Rusia kemungkinan akan melakukan reorganisasi sebelum melanjutkan operasi penyerangan berskala besar.

Tentara Rusia saat ini dilaporkan melanjutkan bombardir ke kota Pelabuhan Mariupol, meski Pelabuhan di area tersebut mengalami kerusakan yang relatif kecil.

“Rusia jelas-jelas gagal menguasai seluruh Ukraina di berbagai posisi untuk maju,” tutur Justin Bronk, dari lembaga pemikir keamanan dan pertahanan Inggris, Royal United Service Institute (RUSI).

Baca Juga: Biden Rencanakan Sanksi Baru untuk Rusia

“Kini mereka mencoba untuk menarik kembali sumber daya mereka dan mengkonsolidasikannya, serta memusatkan mereka pada satu waktus, khususnya di sekitar Mariupol dan di sebelah selatan,” tambahnya.

Ia mengatakan, jika Rusia mengambil alih Mariupol, yang telah dikepung selama berminggu-minggu dan kekurangan pasokan, mereka mungkin akan mendistribuskan kembali pasukan dan amunisi.

Menurutnya, pertama akan ke wilayah Donbas di timur Ukraina dan kemungkinan berlanjut ke Kharkiv, di timur laut.

Namun, ia menambahkan, karena pasukan Ukraina memukul mundur Rusia di sekitar Irpin, sekitar 20km dari Kiev, juga di sekitar Makariv, itu akan membuat rencana Moskow menduduki Ibu Kota semakin sulit.



Sumber : BBC



BERITA LAINNYA



Close Ads x