Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Tips Memulai Karier bagi Fresh Graduate, Waspadai 5 Ciri-ciri Lowongan Kerja Bodong Ini

Kompas.tv - 15 Maret 2022, 18:01 WIB
tips-memulai-karier-bagi-fresh-graduate-waspadai-5-ciri-ciri-lowongan-kerja-bodong-ini
Foto ilustrasi fresh graduate atau lulusan baru tengah memulai kariernya. (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Belakangan, di era serba digital seperti masa kini, kasus penipuan lowongan kerja semakin merebak dan beragam wujudnya.

Oleh sebab itu, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) membagikan satu tips dalam mencari pekerjaan, terutama bagi para fresh graduate atau lulusan baru yang hendak memulai karier.

Tips itu perihal ciri-ciri lowongan kerja bodong, sebagaimana yang dibagikan oleh Kemnaker melalui akun Instagram resminya @kemnaker, Selasa (15/3/2022).

"Rekanaker pernah menemui kasus serupa? Bisa saja itu ciri dari lowongan bodong. Yuk, ketahui ciri lainnya," bunyi keterangan dalam unggahan terbaru akun Instagram Kemnaker, seperti dikutip KOMPAS.TV.

Baca Juga: Indofood Buka Lowongan Besar-besaran untuk Lulusan SMA/SMK hingga S1, Ini Syarat dan Posisinya

Ciri-ciri lowongan kerja bodong:

1. Alamat email dan situsnya mencurigakan

Biasanya, pembuka lowongan kerja bodong menggunakan alamat email dan website gratis, namun tampak serupa dengan domain perusahaan yang ditirunya.

Melansir Kompas.com, cara sederhana untuk mendeteksi situs perusahan abal-abal atau tidak, cukup dengan melihat apakah ada tanda hubung atau simbol-simbol yang tak lazim di dalamnya.

Perlu diingat pula oleh para pencari kerja, situs yang aman umumnya akan menampilkan ikon gembok terkunci di sebelah kiri lamannya.

Bila ikon gembok tersebut diklik, pengguna akan melihat keterangan Secure Connection, Connection Is Secure, atau keterangan lain yang menyatakan bahwa situs tersebut aman.

Baca Juga: Rubi Handojo: Masyarakat Harus Waspada Menyikapi Informasi Lowongan Kerja Jasa Raharja di Internet

2. Dikirim lewat SMS

Lowongan pekerjaan bodong juga sering kali disebarluaskan oleh pembuatnya melalui layanan pesan singkat atau SMS, dengan respon cepat dan mengajak untuk segera interview calon korbannya.

3. Telepon langsung

Tak hanya SMS, pelaku penipuan lowongan kerja pun kerap melakukan panggilan telepon secara langsung kepada targetnya.

Umumnya, gelagat mereka terburu-buru tetap sama yakni ingin mengajak calon korbannya segera interview.

Terkadang juga meminta pelamar untuk menindaklanjuti panggilan pekerjaan bodong itu agar bisa segera bekerja, tanpa harus memperhatikan prosedur penerimaan karyawan yang jelas.

Baca Juga: Lowongan Kerja Waskita 2022 Dibuka untuk D3-S1, Ini Syarat dan Benefitnya, Buruan Daftar!

4. Menawarkan gaji tinggi

Gaji yang ditawarkan fantastis untuk level atau jenis pekerjaan yang dibuka. Atau, jabatan yang ditawarkan tinggi untuk kriteria atau pengalaman kerja yang dimiliki.

5. Meminta bayaran

Lowongan kerja bodong akan meminta pelamar untuk mengirimkan sejumlah uang atau membayar nominal tertentu dengan alasan untuk biaya administrasi atau pendaftaran.

Tak jarang dengan ancaman bahwa pelamar tidak akan diproses bila tak membayar.

Nah, sekarang sudah tahu kan ciri-ciri lowongan kerja bodong itu seperti apa. Maka, tetap waspada ya dan selalu berhati-hati ketika melamar pekerjaan.



Sumber : Kompas.com/Kemnaker



BERITA LAINNYA



Close Ads x