Kompas TV nasional peristiwa

Ketika KSAL Yudo Margono Pimpin Rapim TNI-Polri Gantikan Panglima TNI Andika karena Positif Covid-19

Kompas.tv - 1 Maret 2022, 15:57 WIB
ketika-ksal-yudo-margono-pimpin-rapim-tni-polri-gantikan-panglima-tni-andika-karena-positif-covid-19
Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono. KSAL diketahui menjadi pimpinan Rapim TNI-Polri menggantikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa yang dikabarkan positif Covid-19. (Sumber: Dispenal)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono memimpin Rapat Pimpinan atau Rapim TNI-Polri Tahun 2022 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, pada Selasa (1/3/2022).

KSAL Laksmana Yudo Margono menggantikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa yang tak bisa hadir untuk memimpin rapim tersebut karena positif Covid-19.

Baca Juga: Panglima TNI Jenderal Andika Mutasi 100 Pati TNI, 27 Jenderal Tinggalkan Militer, Ini Nama-namanya

"Pada pagi hari ini kami mewakili Panglima TNI menghaturkan terima kasih atas kehadiran Bapak Presiden Jokowi di Mabes TNI untuk memberi pembekalan pada kami semua," kata Laksamana Yudo saat membuka Rapim TNI-Polri itu.

Yudo mengungkapkan, sebanyak 166 Perwira Tinggi atau Pati TNI-Polri telah hadir secara tatap muka. Sedangkan yang hadir secara virtual berjumlah 266 Pati. 

Dengan demikian, jumlah keseluruhan peserta rapim TNI-Polri Tahun 2022 yang hadir mencapai 392 Pati TNI-Polri.

Baca Juga: Tak Hadiri Rapim TNI-Polri 2022, Panglima TNI Andika Perkasa Dikabarkan Positif Covid-19

"Pada kesempatan pagi hari ini kami sangat bangga dan menghaturkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak (Presiden Jokowi) atas kesediaan waktu untuk menghadiri dan memberikan pembekalan kepada kami semuanya," ucap Yudo.

Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa tidak bisa hadir dalam Rapim TNI-Polri bertema 'TNI-Polri Siap Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional dan Reformasi Struktural', karena baru saja terkena Covid-19.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat memberikan arahan kepada peserta Rapim TNI-Polri.

Baca Juga: KSAL Nilai BP2MI Tak Terbuka soal TNI AL Diduga Terlibat Pengiriman PMI Ilegal: Kenapa Mesti Takut?

"Yang saya hormati Panglima TNI yang pagi hari ini diwakili oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), karena beliau baru terkena Covid-19," kata Presiden Jokowi.

Selain Jokowi yang memberikan pembekalan, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua Mahkamah Agung (MA) Muhammad Syarifuddin dan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman juga akan memberikan pembekalan bagi para peserta Rapim TNI-Polri.

Adapun Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa awalnya dijadwalkan untuk menyematkan Tanda Kehormatan Bintang Kartika Eka Paksi Utama, Bintang Jalasena Utama, Bintang Swa Bhuwana Paksa Utama dan Bintang Yudha Dharma Pratama kepada Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Baca Juga: Rumah Anggota TNI AL Tampung PMI Ilegal, KSAL: Pasti Dihukum, Tidak Ada Prajurit yang Lolos

Selain itu, Bintang Kartika Eka Paksi Kehormatan Utama juga akan diberikan kepada Kepala Staf TNI AD (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurrachman. 

Lalu, Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, Irwasum Polri Komjen Pol Agung Budi Maryoto, Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto, Kalemdiklat Polri Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel, dan Kabaharkam Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto akan mendapatkan Bintang Yudha Dharma Pratama.

Baca Juga: KSAL Laksamana TNI Yudo Margono Resmikan Koarmada RI, Sekaligus Lantik Panglima Koarmada RI Pertama

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x