Kompas TV nasional peristiwa

Anies: Transjakarta akan Mulai Operasikan Bus Listrik Pekan Ini

Kompas.tv - 1 Maret 2022, 13:59 WIB
anies-transjakarta-akan-mulai-operasikan-bus-listrik-pekan-ini
Transjakarta Mulai Uji Coba Bus Listrik Balai Kota-Blok M (Sumber: KOMPAS.com/Stanly)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan, PT Transjakarta akan mulai mengoperasikan pilot untuk bus listrik pekan ini. 

"Kami dengan senang mengumumkan, bahwa minggu ini, Jakarta akan mulai mengoperasikan pilot untuk bus listrik di bawah Transjakarta," kata Anies dalam dalam acara Jakarta E-Mobility Event, yang digelar secara daring, Selasa (1/3/22).

Sebelumnya, kata Anies, pihaknya sudah melakukan uji coba untuk beberapa model bus listrik yang sudah dievaluasi kinerjanya sebelum akhirnya mengerahkan penggunaan bus listrik di skala yang lebih besar.

Baca Juga: Anies Sebut Jakarta Sudah Capai 26 Persen Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca

Anies mengatakan, Pemprov DKI sudah menyiapkan 100 bus elektrik untuk dikerahkan di rute Transjakarta yang sudah ada. 

Ini, ujar dia, merupakan salah satu bentuk aksi konkrit untuk mendukung akselerasi penggunaan kendaraan listrik di Indonesia. 

"Kami percaya dengan mengubah transportasi publik ke kendaraan berbasis listrik dan  mendorong masyarakat untuk menggunakan transportasi publik, harapannya ini mendorong gerakan untuk kualitas udara yang lebih baik dan kondisi kesehatan yang lebih baik bagi semua orang," kata dia. 

Penggunaan kendaraan listrik untuk transportasi publik, lanjut Anies, akan memungkinkan warga untuk menikmati manfaat secara langsung dari bus listrik. 

Baca Juga: Anies Pamerkan Lagi Capaian Penurunan Kemacetan Jakarta 5 Tahun Terakhir

"Jadi aspek pendidikan publik akan semakin lebar lagi, kalau orang-orang punya kendaraan listriknya sendiri, pengalamannya terbatas, tapi setelah ada kendaraan publik berbasis listrik maka pengalamannya akan masif dan ekstensif," kata Anies. 

Anies menambahkan, Pemprov DKI akan terus berkomitmen menyediakan transportasi yang berkelanjutan, nyaman, dan juga inklusif. 

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x