Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Kementerian ESDM Nyatakan Perang Rusia-Ukraina Picu Kenaikan Harga Minyak Mentah Indonesia

Kompas.tv - 25 Februari 2022, 06:30 WIB
kementerian-esdm-nyatakan-perang-rusia-ukraina-picu-kenaikan-harga-minyak-mentah-indonesia
Rusia menghancurkan 74 fasilitas militer Ukraina, termasuk 11 pangkalan udara, seperti dilansir Associated Press, Kamis (24/2/2022). Selain itu, pasukan khusus Rusia berhasil menguasai sebuah bandara Antonov, hanya 25 kilometer dari batas ibu kota Kyiv dan 36 kilometer dari Istana Kepresidenan Ukraina.  (Sumber: Wikipedia/Antonov Airport, Hostomel Ukraine)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV  – Tindakan Rusia melancarkan operasi militer khusus terhadap Ukraina dapat menimbulkan dampak signifikan terhadap berbagai komoditas dunia, termasuk minyak mentah Indonesia.

Hal ini disampaikan Kepala Biro Komunikasi Layanan dan Informasi Publik dan Kerjasama Kementerian ESDM Agung Pribadi, di Jakarta, Kamis (24/2/2022).

Bahkan, Kementerian ESDM mencatat harga minyak mentah Indonesia atau ICP yang sejak awal pandemi seharga USD20 per barel (April 2020), kini telah meningkat sebanyak empat kali lipat mencapai USD85,9 per barel pada bulan Januari 2022.

"Asumsi ICP dalam APBN 2022 hanya sebesar USD63 per barel. Tren akan makin meningkat setelah konflik terbaru Rusia dan Ukraina pada hari ini," ujarnya seperti dikutip Antara. 

Baca Juga: Begini Kondisi Beberapa Kota di Ukraina Akibat Serangan Rusia: Fasilitas Militer Terbakar!

Menurutnya harga minyak pada hari Kamis (24/2/2022) kian melambung, salah satunya harga minyak Brent yang kini sudah menembus di atas USD100 per barel.

Kementerian ESDM terus memonitor pergerakan harga minyak dunia akibat dampak dari ketegangan geopolitik Rusia dengan Ukraina mengingat sebagian minyak mentah dan bahan bakar minyak Indonesia masih impor.

"Ini terus kami monitor dan perlu menjadi perhatian semua pihak," kata Agung.

Baca Juga: Rusia Kuasai Bandara Militer Hanya 36 Km dari Kiev, Klaim Hancurkan 74 Fasilitas Militer Ukraina

Selama 6 bulan terakhir, harga minyak Indonesia menunjukkan tren kenaikan, mulai Agustus 2021 sebesar USD67,8 per barel dan terus meningkat setiap bulannya hingga Januari 2022 yang menyentuh harga USD85,9 per barel.

"Jika dilihat lebih jauh, kenaikan mulai terjadi pasca-ICP rendah pada bulan April 2020 sekitar USD20 per barel," pungkas Agung.

Sebelumnya Rusia mengatakan pasukannya menghancurkan 74 fasilitas militer Ukraina, termasuk 11 pangkalan udara, seperti dilansir Associated Press, Kamis (24/2/2022).

Selain itu, pasukan khusus Rusia berhasil menguasai sebuah bandara Antonov, hanya 25 kilometer dari batas ibu kota Kiev dan 36-40 kilometer dari Istana Kepresidenan Ukraina. 

Baca Juga: Bagaimana Kondisi Setelah Diserang Rusia? Pakar: Ada Perpecahan di Internal Ukraina

Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu memerintahkan agar prajurit Ukraina diperlakukan "dengan hormat" dan mereka yang meletakkan senjata diberikan jalan yang aman untuk mundur.

Kementerian Pertahanan Rusia juga memastikan jatuhnya jet serang darat Su-25 karena “kesalahan pilot.”

Sementara itu, CNN hari Kamis sore melaporkan pasukan udara Rusia berhasil menguasai Bandara Antonov, yang berjarak hanya 36 kilometer dari kantor kepresidenan dan pusat Kiev, Ukraina, dan 25 kilometer dari batas ibu kota Kiev.

"Mereka mengizinkan kami untuk masuk bersama mereka saat mereka mempertahankan perimeter pangkalan udara ini, di mana pasukan yang dibawa helikopter mendarat pada dini hari, membuat jembatan udara untuk memungkinkan lebih banyak pasukan Rusia masuk," lapor wartawan CNN di lapangan.

 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x