Kompas TV nasional peristiwa

Mengingat Omongan Jokowi Bagi Pengusul Perpanjangan Masa Jabatan Presiden: Ingin Menampar Muka Saya

Kompas.tv - 24 Februari 2022, 11:50 WIB
mengingat-omongan-jokowi-bagi-pengusul-perpanjangan-masa-jabatan-presiden-ingin-menampar-muka-saya
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di 12 provinsi secara virtual (Sumber: Tangkap Layar kanal YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Di awal tahun 2022 yang sudah memasuki tahun politik, dua pejabat mengusulkan agar pemilu 2024 ditunda. Dengan menunda pemilu 2024, maka masa jabatan presiden diperpanjang. 

Dua pengusul itu adalah Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dan Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar.

Menurut Cak Imin, sapaan akrabnya, pemilu yang rencananya diselenggarakan pada Februari 2024 itu dapat mengganggu prospek pertumbuhan ekonomi pasca Covid-19. 

Padahal, kata dia, akan banyak momentum pemulihan ekonomi selama dua tahun ke depan setelah terjadi stagnasi ekonomi selama dua tahun pandemi. 

Baca Juga: Pengamat: Muhaimin Iskandar Usul Pemilu Ditunda karena Sadar Popularitas dan Elektabilitasnya Rendah

"Momentum ini tidak boleh diabaikan, yang baik-baik ini tidak boleh diabaikan. Saya melihat tahun 2024, pemilu yang rencananya kita laksanakan bulan Februari itu jangan sampai prospek ekonomi yang baik itu terganggu karena pemilu," ujar Cak Imin. 

Sementara Bahlil, mengusulkan penundaan pemilu juga dengan alasan yang tidak jauh beda.

 "Kalau kita mengecek di dunia usaha, rata-rata mereka memang berpikir adalah bagaimana proses demokrasi ini, dalam konteks peralihan kepemimpinan, kalau memang ada ruang untuk dipertimbangkan dilakukan proses untuk dimundurkan, itu jauh lebih baik," kata Bahlil dalam acara rilis survei Indikator Politik Indonesia, Minggu, 9 Januari 2022.

Sebenarnya, di awal pemerintahan periode kedua Presiden Jokowi, wacana perpanjangan masa jabatan dan periode tiga sudah mulai dimunculkan. Hal itu terjadi pada 2019 sebelum pandemi melanda.

Presiden Jokowi di Istana merespon usul tersebut dengan nada cukup keras. Jokowi menegaskan tak setuju dengan usul masa jabatan presiden diperpanjang.\

Baca Juga: PDIP Tolak Rencana Cak Imin Ingin Tunda Pemilu 2024, Begini Penjelasannya

Ia bahkan merasa curiga pihak yang mengusulkan wacana itu justru ingin menjerumuskannya. "Kalau ada yang usulkan itu, ada tiga (motif) menurut saya, ingin menampar muka saya, ingin cari muka, atau ingin menjerumuskan. Itu saja," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin 2 Desember 2019. 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x