Kompas TV advertorial

Bangun Ekosistem Ekonomi Digital Jawa Barat, Ridwan Kamil Kunjungi Gudang Lazada

Kompas.tv - 16 Februari 2022, 20:40 WIB
bangun-ekosistem-ekonomi-digital-jawa-barat-ridwan-kamil-kunjungi-gudang-lazada
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat menyambangi gudang Lazada di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (27/1/2022). (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Elva Rini

BANDUNG, KOMPAS.TV - Pemerintah Provinsi Jawa Barat memberi dukungan terhadap Gerakan Akselerasi Karya Rakyat (AKAR) Digital Indonesia yang diinisiasi Lazada Indonesia. Dukungan ini ditandai dengan kunjungan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melakukan kunjungan resmi ke gudang Lazada di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (27/1/2022).

Kunjungan ini menjadi penanda kick off Gerakan AKAR Digital Jawa Barat untuk mendukung seluruh Pahlawan Ekonomi Digital dalam ekosistem ekonomi digital yang berperan penting sebagai garda terdepan pemulihan ekonomi nasional.

Sebagai bagian dari ekosistem ekonomi digital, peran e-commerce dalam pemulihan ekonomi nasional juga semakin krusial, terutama di era digital. Studi ini pernah dirilis Lazada berjudul “Percepatan Ekonomi Digital Melalui Ecommerce” (2020).

Sejak tahun 2021, Lazada bekerja sama dengan lintas kementerian mengembangkan Gerakan AKAR Digital Indonesia untuk menumbuhkan ekosistem ekonomi digital dengan memberdayakan semua peranan dalam ekosistem, mulai dari bisnis lokal, konsumen, hingga pekerja logistik.

Sebelumnya, Lazada pernah berkolaborasi dengan pemerintah dalam program substitusi impor demi mendukung pebisnis lokal bisa merajai pasar domestik.

Kini, Lazada memperluas pelaksanaan Gerakan AKAR Digital Indonesia dengan hadir di berbagai kota strategis di Indonesia untuk mendorong dan transformasi digital melalui peningkatan literasi e-commerce, pengembangan daya saing UMKM serta pengembangan infrastruktur ekonomi digital. Jawa Barat menjadi provinsi tujuan pertama dari Gerakan AKAR Digital Lazada.

Baca Juga: Potensi Ekonomi Digital Besar, Indonesia Dorong Kesiapan Infrastruktur dan SDM

Dalam acara kick off Gerakan AKAR Digital Indonesia, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil menyatakan, “Ekonomi digital Jawa Barat lompat 60 persen selama Covid.”

“Yang kedua, ekonomi digital adalah cara kita menjadi negara adidaya. Tapi butuh sebuah proses tidak hanya e-commerce-nya tapi society-nya. Jadi sebagai pemerintah provinsi, saya sangat mendukung ada program AKAR. Karena UMKM Jawa Barat yang go digital baru 1 juta dari 5,5 juta masih ada 4 sekian juta,” lanjut Kang Emil.

Dukung motor listrik untuk kurir paket

Dalam acara tersebut, Kang Emil juga merasakan langsung sensasi menjadi kurir belanja online dari Lazada. Dengan menggunakan motor listrik, ia mengantar paket dari gudang Lazada ke rumah yang berada di kawasan Batununggal.

Aksi Gubernur Jawa Barat ini merupakan bentuk dukungan terhadap penggunaan motor listrik untuk kurir paket. Selain itu, aksi Kang Emil ini juga sebagai bentuk dukungan atas gerakan AKAR Digital Lazada.

Executive Director, Lazada Indonesia, Ferry Kusnowo mengatakan, inisiatif Gerakan AKAR Digital Jawa Barat menjadi langkah lanjutan dari program kerja sama dengan pemerintah untuk mendukung seluruh pahlawan ekonomi digital dan mempercepat pertumbuhan perekonomian di Indonesia.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x