Kompas TV religi beranda islami

Empat Zikir Ringan Disukai Allah, Hati Tenang dan Rezeki Berkah

Kompas.tv - 11 Februari 2022, 06:07 WIB
empat-zikir-ringan-disukai-allah-hati-tenang-dan-rezeki-berkah
Ilustrasi zikir. Jangan lewatkan bacaan tasbih zikir sore hari dan pagi hari, pahala akan berlipat ganda (Sumber: TribunStyle)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim disebutkan sebuah zikir yang merupakan zikir yang paling disukai oleh Allah SWT.

Hadis ini juga tergolong hadis Hasan, artinya sebuah hadis yang derajatnya baik dan apa yang di dalamnya bisa kita amalkan.

Zikir ini juga cocok diamalkan di hari baik seperti Hari Jumat ini. Sebuah hari istimewa bagi muslim sebab di dalamnya Allah melimpahkan banyak keberkahan.

Sudah sepatutnya, sebagai muslim melakukan amalan-amalan yang dapat mendekatkan kita dengan-Nya. Termasuk dengan zikir yang ternyata menjadi zikir yang disukai oleh Dzat yang menciptakan kita. 

Dalam kitab Adzkar Imam Nawawi disebutkan tentang empat zikir yang digemari oleh Allah dan sebisa mungkin kita sebagai muslim untuk memperbanyaknya.

Zikir sebagai ritual keagamaan, memiliki banyak keutamaan salah satunya membuat hati lebih tenang.

 Dalam Al-quran Surat Ar Ra'ad ayat 28 disebutkan:

 "(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram."
 

Nah dengan hati tenteram dan terus mengingat sang Pencipta, maka akan memudahkan jalan kebaikan, termasuk  pintu rezeki  hingga doa yang dikabulkan (istijabah) oleh Allah SWT. 

 Rasul bersabda: “Ada empat ucapan yang paling disukai oleh Allah: Subhanallah, Alhamdulillah, Laa ilaaha illallah, dan Allahu Akbar. Tidak berdosa bagimu dengan mana saja kamu memulai” (HR. Muslim no. 2137).

Baiknya, zikir ini dibaca dengan banyak sebagai wirid. Apalagi zikir ini cukup ringan, bisa dilafalkan dalam hati sembari jalan ke kantor, aktivitas olahraga ataupun aktivitas lain. 

Baca Juga: Doa Nabi Muhammad di Hari Jumat Melebur Dosa-Dosa yang Menumpuk

Berikut Zikir yang Disukai Allah

Teks Arab zikir yang disukai Allah, zikir ini baiknya dibaca saat pagi hari dan petang hari (Sumber: kompas.tv/dedik priyanto)

Teks Arab: Subhanallah Walhamdulillah waLaa iLaha iLLallah Allahu Akbar

Artinya: Mahasuci Allah, dan Segala Puji bagi-Nya, Tiada Tuhan selain Allah dan Allah Maha Besar

Semoga Allah senantiasa melimpahkan keberkahan Jumat kepada diri kita semua. Amin. 

Wallahu a'lam. 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x