Kompas TV nasional peristiwa

Di Hadapan Para Ahli Thoriqoh, Mahfud MD Jelaskan Upaya Atasi Ekstremisme Beragama

Kompas.tv - 4 Februari 2022, 08:50 WIB
di-hadapan-para-ahli-thoriqoh-mahfud-md-jelaskan-upaya-atasi-ekstremisme-beragama
Mahfud MD saat pidato di Rapat Pimpinan Nasional Pengurus Dewan Pimpinan Pusat JATMI, Kamis. Di depan para ahli thoriqoh tersebut, Mahfud MD bicara terkait ekstremisme beragama (Sumber: Youtube Menkopolhukkam)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD di hadapan para ulama dan jemaah dari Jam’iyyah Ahli Thoriqoh Mu’tabaroh Indonesia (JATMI) untuk turut serta memerangi ekstremisme dalam beragama.

Selain itu, Mahfud juga meminta agar para ulama, jamaah serta para ahli Thoriqoh tersebut agar ikut serta mendukung upaya mempertahankan kesatuan dan persatuan bangsa, khususnya terkait terorisme.

Hal ini ditegaskan Mahfud saat hadir dalam Rapat Pimpinan Nasional Pengurus Dewan Pimpinan Pusat JATMI, Kamis (3/2/2022), di Jakarta.

Dalam forum yang ikuti pengurus JATMI seluruh Indonesia ini, Mahfud menegaskan, pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk menanggulangi dan mencegah ekstremisme dan terorisme ini.

Namun, kata dia, hal ini tidak bisa dilakukan sendiri. 

"Pemerintah telah turut serta dalam kerja sama internasional guna memerangi terorisme. Pemerintah juga telah melakukan upaya penegakan hukum atas tindak pidana terorisme yang terjadi di Indonesia," papar Mahfud dalam rilis diterima KOMPAS TV, Kamis (3/2).

Namun sekali lagi, lanjut Mahfud, mengingatakan soal sumber dari terorisme dan ekstremisme adalah pada pemikiran yang harus dilawan dan bisa dicegah dengan pemikiran pula.

Menurut Mahfud, menumpas aksi terorisme dan menghukum pelaku teror mungkin lebih mudah dilakukan, namun tidak mudah menumpas dan menghukum apa yang ada di alam pikiran.

Sebab kata Guru Besar Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta itu, alam pikiran seseorang dapat sewaktu-waktu dipengaruhi dan berkembang yang hanya dapat dilawan dengan pemikiran lain.

"Solusi atas ekstremisme adalah menumbuhkan, mengembangkan, menyuarakan, dan mempraktikkan moderasi beragama.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x