Kompas TV regional berita daerah

Volume Sampah Banjarbaru Capai 147 Ton Per Hari, Naik 20 Ton, DLH Akui Harus Bekerja Ekstra

Kompas.tv - 24 Desember 2021, 21:14 WIB

BANJARBARU, KOMPAS.TV - Semakin bertambahnya jumlah penduduk Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, membuat buangan sampah masyarakat, baik sampah rumah tangga maupun non-rumah tangga juga mengalami peningkatan.

Peningkatan signifikan terjadi dalam setahun terakhir, jika di tahun 2020 lalu volume sampah yang harus ditangani Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarbaru sebanyak 127 ton per hari.

Tahun 2021 ini peningkatan terjadi mencapai 20 ton sampah.

Baca Juga: Jelang Nataru, Harga Cabai di Kabupaten Banjar Meroket, Cabai Rawit Tembus Rp. 100.000 Per Koligram

Dalam sehari, sejak awal tahun 2021 lalu, Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarbaru harus mengangkut 147 ton sampah masyarakat untuk dibawa ke TPA Kota Banjarbaru.

Peningkatan volume buangan sampah ini menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarbaru, Sirajoni, cukup mempengaruhi kinerja dinasnya.

Meski di tengah keterbatasan sarana, personel dan anggaran, Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarbaru mengaku tetap harus memprioritaskan penanggulangan sampah warga.

Demi menjaga Kota Banjarbaru tetap menjadi salah satu kota terbersih di Kalimantan Selatan.

"Tentunya ini membikin kami DLH Banjarbaru harus bekerja ekstra untuk melayani masyarakat sehingga kelebihan dari 127 ton tersebut bisa kami angkat dengan baik sesuai dengan waktunya," ungkap Sirajoni.

Baca Juga: Bantuan untuk Korban Banjir Kabupaten Banjar Terbentur Aturan Status Kebencanaan

Khusus menghadapi natal dan tahun baru, Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarbaru sendiri telah menyiapkan tambahan personel pengangkut sampah.

Karena diperkirakan juga akan terjadi penambahan volume sampah seperti hari hari besar lainnya.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x