Kompas TV nasional peristiwa

Ancol Jadi Lokasi Formula E 2022, Ketua Pelaksana Pastikan Sirkuit Tidak Terdampak Banjir Rob

Kompas.tv - 22 Desember 2021, 15:05 WIB
ancol-jadi-lokasi-formula-e-2022-ketua-pelaksana-pastikan-sirkuit-tidak-terdampak-banjir-rob
Lintasan Sirkuit Formula E 2022 di Ancol. (Sumber: Dok. PT Jakarta Propertindo)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Pelaksana Formula E Ahmad Sahroni, memastikan lokasi sirkuit Formula E Jakarta 2022 di Ancol tidak terdampak oleh banjir rob yang terjadi akibat pasang air laut. 

"Kalau air pasang di waktu yang tidak tentu, kalau naik ya paling 5 senti, tidak nyampe ke sini (sirkuit) kok," kata Sahroni kepada wartawan, Rabu (22/12/2021). 

Ia mengatakan, ancaman banjir rob biasanya terjadi di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) dan tidak mencapai kawasan Ancol. 

"So normal banyakan dia (banjir rob) areanya di sana ke arah PIK dan Muara Baru," kata Sahroni. 

Baca Juga: Ketua Pelaksana Tegaskan Formula E 2022 Tidak Pakai APBD Jakarta

Terpisah, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, memastikan Pemprov DKI akan melakukan antisipasi terkait dengan potensi banjir rob di kawasan Ancol saat penyelenggaraan Formula E pada 4 Juni 2022 mendatang. 

"Soal potensi ada banjir rob itu juga menjadi pertimbangan kami semua mudah-mudaaan pada pelaksanaannya tidak ada banjir dan ini juga menjadi perhatian kita untuk melakukan berbagai antisipasi," kata Riza kepada wartawan, Rabu (22/12/2021). 

Sebelumnya, Sahroni mengumumkan Ancol resmi menjadi lokasi sirkuit penyelenggaraan Formula E Jakarta 2022. 

Ancol dipilih karena merupakan tempat yang ikonik dan dinamis di Jakarta. Penyelenggaraan di Ancol juga dinilai tidak akan mengganggu prasarana jalan masyarakat lain. 

Baca Juga: Penampakan Sirkuit Formula E Jakarta di Ancol: bak Kuda Lumping, Ini Spesifikasinya

Menurut Sahroni, penyelenggaraan di Ancol juga memberikan sejumlah manfaat dan kelebihan. 

"Ada dua manfaat dan selebihnya banyak manfaat saat pelaksanaan dimulai pada tanggal 4 Juni. Baik dari sisi lokasi, pendapatan, dari pelaksanaan, branding, segala macem itulah kenapa approval FIA dan FEO di Ancol," katanya. 

"Karena Formula E sendiri beda dari Formula 1 yang harus dibangun (sirkuit) seperti Mandalika, yang eksis dalam konteks balapan Formula 1 dan Moto GP," katanya. 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x