Kompas TV nasional hukum

Azis Syamsuddin kepada Stepanus Robin: Saya Kecewa Ada di Posisi Ini, Saya Jadi Terdakwa

Kompas.tv - 20 Desember 2021, 22:32 WIB
azis-syamsuddin-kepada-stepanus-robin-saya-kecewa-ada-di-posisi-ini-saya-jadi-terdakwa
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin sebagai tersangka. (Sumber: Tangkapan layar YouTube Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Terdakwa suap penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Azis Syamsuddin mengaku kecewa dengan Stepanus Robin Pattuju.

Lantaran Stepanus Robin Pattuju, Azis menjadi terdakwa kasus dugaan pemberian suap.

“Pertama saya kecewa karena dengan permasalahan ini saya ada di posisi ini, saya jadi terdakwa,” ucap Azis Syamsuddin di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta sebagaimana dikutip dari Antara, Senin (20/12/2021).

Azis lebih lanjut dalam persidangan pun kembali mengingatkan Robin perihal uang yang dipinjamnya.

“Pada saat ini, saudara saksi 'kan minjam uang saya, saya sebagai terdakwa, kemudian saya sudah pernah tagih kepada saksi dua kali, dan saudara saksi belok kiri belok kanan. Apa saudara saksi punya ingat untuk mengembalikan uang?” tanya Azis kepada Robin.

Baca Juga: Stepanus Robin Akui Tipu Azis Syamsuddin, Ternyata Tak Punya Kewenangan Urus Perkara di KPK

“Masih ingat,” jawab Robin.

“Dari kemampuan saudara, saksi akan kembalikan yang ini?” tanya Azis.

“Saya sudah bicara dengan keluarga. Nanti keluarga akan mengecek,” jawab Robin.

Sebagaimana diberitakan, dalam persidangan Robin memang menyebutkan tidak mendapatkan suap dari Azis Syamsuddin tetapi hanya meminjam uang sebesar Rp200 juta.

Namun dakwaan KPK berbeda, Azis Syamsuddin diduga memberikan suap senilai Rp3,099 miliar dan USD36.000 atau sekitar Rp3,619 miliar kepada Stepanus Robin Pattuju dan advokat Maskur Husain terkait dengan pengurusan penyelidikan KPK di Lampung Tengah.

Dalam kasus yang disangkakan, Azis Syamsuddin tidak hanya sendiri ditetapkan sebagai tersangka suap penyidik KPK, ada juga kader Partai Golkar Aliza Gunado.

Baca Juga: Robin Pattuju Ajukan Justice Collaborator: Saya akan Ungkap Peran Komisioner KPK Lili Pintauli

Terpisah, Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri menyoroti soal pernyataan Stepanus Robin Pattuju yang tidak mengakui perbuatan bahkan cenderung menutupi peran Azis Syamsuddin.

“Stepanus Robin Pattuju selama di persidangan tidak mengakui perbuatannya menerima sejumlah uang dan diduga justru sengaja menutupi peran dari Azis Syamsuddin,” kata Ali Fikri.

Kendati demikian, Ali Fikri meyakini KPK akan membongkar adanya kerja sama antara Stepanus Robin Pattuju, Azis Syamsuddin, M Syahrial, dan Maskur Husain.

“KPK sangat yakin dengan alat bukti terkait dengan adanya kerja sama erat antara Stepanus Robin Pattuju, Azis Syamsuddin, M Syahrial, dan Maskur Husain dan hal tersebut tim jaksa KPK akan buktikan di depan persidangan,” kata Ali.

 

 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x