Kompas TV olahraga kompas sport

4 Kunci Kemenangan Indonesia saat Lawan Malaysia di Laga Terakhir Grup B Piala AFF 2020

Kompas.tv - 20 Desember 2021, 05:45 WIB
4-kunci-kemenangan-indonesia-saat-lawan-malaysia-di-laga-terakhir-grup-b-piala-aff-2020
Pratama Arhan menjadi salah satu pemain Timnas Indonesia yang menjadi bintang saat mengalahkan Malaysia dengan skor 4-1 di pertandingan penyisihan grup Piala AFF 2020, Minggu (19/12/2021). (Sumber: PSSI)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Timnas Indonesia tampil luar biasa saat melakoni laga terakhir penyisihan Grup B Piala AFF 2020 melawan Malaysia, Minggu (19/12/2021). 

Bermain di National Stadium Singapura yang dipadati pendukung kedua negara, Indonesia mampu meraih kemenangan telak 4-1 atas Malaysia. 

Kemenangan tersebut tak hanya mengantarkan skuad Garuda melaju ke semifinal Piala AFF 2020, namun juga menjadikan Indonesia berstatus juara grup B.

Kemenangan tersebut diraih skuad Garuda karena beberapa hal berikut:

1. Panampilan Solid

Kemenangan 4-1 atas Malaysia tak lepas dari penampilan solid yang ditampilkan skuad Garuda. 

Mereka unggul di setiap aspek, baik dalam hal menyerang maupun bertahan. 

Dalam aspek teknis seperti kecepatan, intensitas, transisi, dan satu lawan satu, peran pemain Indonesia juga lebih unggul atas pasukan Harimau Malaya, julukan timnas Malaysia.  

Penilaian tersebut bahkan datang dari pelatih Malaysia, Tan Cheng Hoe, yang mengakui kekalahan timnya. Dia mengatakan bahwa pemainnya tak mampu bersaing dengan anak-anak asuh Shin Tae-yong. 

"Kami tidak cukup kuat dalam situasi satu lawan satu, dan kami tidak dapat bersaing dengan pemain mereka yang sangat cepat, terutama dalam hal transisi," kata Tan Cheng Hoe dikutip dari Kompas.com.

Tak hanya skuad, kemenangan Indonesia bisa dibilang berkat permainan apik yang ditampilkan tiga pemain, yakni Irfan Jaya, Pratama Arhan, dan Elkan Baggott.

Mereka tampil sangat luar biasa dan mampu memberikan perbedaan untuk timnas Garuda.

Baca Juga: Harapan Ketua Umum PSSI untuk Timnas Indonesia di Semifinal Piala AFF 2020

2. Daya Gedor Irfan Jaya

Irfan Jaya menjadi pemain yang cukup dipercaya oleh Shin Tae-yong di Piala AFF 2020. Belum hadirnya Egy Maulana Fikri di Singapura membuat satu tempat di sisi sayap Garuda menjadi milik pemain PSS Sleman itu. 

Tampil energik di awal laga, Irfan Jaya yang hendak membuang bola justru mengarahkan bola ke pemain Malaysia, Kogileswaran.

Pemain Petaling Jaya FC itu pun langsung melepas tembakan dari luar kotak penalti yang tak mampu diselamatkan oleh Nadeo Argawinata dan membawa Malaysia unggul 1-0.

Untungnya, Irfan tak terpengaruh dengan kesalahan yang ia lakukan itu. Ia kemudian tampil sebagai pahlawan setelah terlibat dalam tiga gol Indonesia ke gawang Malaysia. 

Irfan catat dua gol di babak pertama. Kemudian satu assist yang ia berikan kepada Pratama Arhan membuahkan gol indah ke gawang Malaysia. 

3. Kedisiplinan Pratama Arhan

Pratama Arhan bisa dibilang menjadi pemain Timnas Indonesia yang paling sibuk saat melawan Malaysia. 

Tak hanya aktif membantu serangan, ia juga sering bergeser ke sisi lapangan lain untuk menjadi eksekutor lemparan ke dalam. 

Pemain PSIS Semarang itu juga turut andil saat tercipta gol kedua dan bahkan Arhan juga mencetak gol ketiga Indonesia.



Sumber : Kompas TV/kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x