Kompas TV olahraga kompas sport

Kegemilangan Thailand dan Indonesia yang 'Tanpa Bendera' di Piala AFF 2020

Kompas.tv - 20 Desember 2021, 07:10 WIB
kegemilangan-thailand-dan-indonesia-yang-tanpa-bendera-di-piala-aff-2020
Thailand dan Indonesia yang sama tidak bisa mengibarkan bendera negara di Piala AFF 2020 berhasil tampil gemilang di penyisihan grup. (Sumber: AFF Cup)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Thailand dan Indonesia mengakhiri fase penyisihan grup Piala AFF 2020 dengan gemilang. Kedua negara berhasil keluar sebagai juara di masing-masing grup. 

Uniknya, baik Thailand dan Indonesia tampil di Piala AFF 2020 tanpa mengibarkan bendera negara masing-masing. 

Ya, kedua negara di Asia Tenggara itu sama-sama sedang menghadapi sanksi dari Badan Anti Doping Dunia (WADA) yang membuat bendera Thailand dan Indonesia tak bisa berkibar di Piala AFF 2020.

Alhasil ketika Thailand bertanding logo resmi timnas mereka yang dimunculkan, sementara Indonesia menampilkan logo Garuda. 

Meski merumput tanpa bendera kebesaran negara masing-masing, Thailand dan Indonesia sama-sama tampil apik di penyisihan grup Piala AFF 2020.

Thailand dan Indonesia yang sama-sama tak bisa mengibarkan bendera negara menjadi juara di grup masing-masing pada ajang Piala AFF 2020. (Sumber: AFF Cup)

Thailand yang menjadi favorit juara mengawali turnamen dengan mengalahkan Timor Leste 2-0. Kemenangan mereka berlanjut saat menumbangkan Myanmar dengan skor 4-0.

Di laga ketiga melawan Filipina, Teerasil Dangda dkk memastikan tempat di semifinal usai meraih kemenangan 2-1. Pada laga terakhir, mereka menyempurnakan hasil di fase grup dengan menumbangkan tuan rumah Singapura 2-0.

Baca Juga: Lolos sebagai Juara Grup, Ini Lawan Timnas Indonesia di Babak Semifinal Piala AFF 2020

Sedangkan Indonesia, juga mampu tampil meyakinkan selama fase grup Piala AFF 2020. Tidak menjadi favorit juara, skuad Garuda meraih dua kemenangan beruntun saat menaklukkan Kamboja (4-2) dan Laos (5-1). 

Pada pertandingan ketiga, laga lebih berat dihadapi Indonesia saat menantang Vietnam. Tampil solid dalam bertahan selama 90 menit, tim asuhan Shin Tae-yong berhasil menahan imbang Vietnam dengan skor 0-0.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x