Kompas TV nasional politik

Ijtima Ulama Jawa Barat Sebut Dukungan ke Sandiaga Uno sebagai Capres Sudah Final

Kompas.tv - 18 Desember 2021, 20:19 WIB
ijtima-ulama-jawa-barat-sebut-dukungan-ke-sandiaga-uno-sebagai-capres-sudah-final
Ijtima Ulama dan Pemuda Islam mendukung Sandiaga Uno jadi Capres 2024 (Sumber: Antara)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS TV - Forum Ijtima Ulama Jawa Barat menyebut dukungan kepada Menparekraf Sandiaga Uno sebagai calon presiden (Capres) pada Pilpres 2024 sudah final. Hal ini membantah adanya tudingan kalau hasil keputusan itu merupakan sebuah rekayasa. 

"Ya (hasil Ijtima Ulama adalah final), kami tetap akan menjadikan beliau (Sandiaga Uno) capres buat kami," kata Anggota Forum Ijtima Ulama Jawa Barat Lilip Abdul Kholiq dalam program Kompas Petang di Kompas TV, Sabtu (18/12/2021). 

Ia mengakui bila membicarakan perhelatan Pilpres 2024 itu masih terlalu dini. Namun, pihaknya mempunyai tugas untuk menaikkan elektabilitas dari mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu karena merupakan aspirasi dari umat Islam.

Baca Juga: Forum Ijtima Ulama Jawa Barat: Dukungan ke Sandiaga Uno Bukan Rekayasa

"Betul (masih lama), kalau kita bicara masalah pilpres, tapi tugas kami itu untuk meningkatkan elektabilitas, karena kami menampung aspirasi di pesantren. Jadi belum berbicara nanti pemilu, masih lama sekali," ujarnya. 

Selain itu, ia menyebut pihaknya akan selalu menyosialisasikan Sandiaga Uno kepada umat, karena situasinya kini masyarakat pun banyak yang ingin sosoknya menjadi capres pada pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

"Insyaallah sosialisasi akan kami lakukan. Perlu dicatat, mendeklarasikan ini bukan hanya dari Ijtima Ulama saja, seperti di Semarang atau di Banjarmasin, itu bukan dari forum Ijtima Ulama," katanya. 

Selanjutnya, dirinya tak setuju dengan adanya tudingan kalau deklarasi yang dilakukan adalah sebagai bentuk untuk memecah belah umat beragama di Indonesia.

"Semua elemen masyarakat, termasuk forum ijtima ulama kemarin itu punya hak yang sama di depan hukum, termasuk bisa mengeluarkan pendapat. Kami tidak ada maksud untuk memecah belah umat, justru ini adalah ikhtiar kami kepada umat untuk mencari pemimpin Indonesia yang akan datang," ujarnya. 

Sebelumnya, Politikus Partai Gerindra Kamrussamad menuding Sandiaga Uno menunggangi kegiatan ijtima Ulama Jawa Barat yang mendeklarasikan dukungan kepada Sandiaga Uno sebagai capres pada gelaran Pilpres 2024. 

"Saya khawatir ada sekelompok okunum yang bekerja secara sistematis bersama Sandiaga sehingga tega melakukan eksploitasi identitas ulama," kata anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra itu kepada wartawan, Kamis (16/12/2021). 

Baca Juga: Forum Ijtihad Ulama dan Pemuda Islam Se-Jawa Barat Dukung Sandiaga Uno Maju Capres

Kamrussamad menyesalkan adanya deklarasi dukungan yang mengatasnamakan Itjima Ulama pada Sandiaga yang saat ini menjabat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Ia juga mengimbau kepada para ulama dan umat Islam untuk tak termakan rayuan Sandiaga Uno yang rekam jejaknya ia anggap belum begitu banyak untuk umat Islam di Indonesia.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x