Kompas TV nasional politik

Forum Ijtima Ulama Jawa Barat: Dukungan ke Sandiaga Uno Bukan Rekayasa

Kompas.tv - 18 Desember 2021, 19:00 WIB
forum-ijtima-ulama-jawa-barat-dukungan-ke-sandiaga-uno-bukan-rekayasa
Anggota Forum Ijtima Ulama Jawa Barat Lilip Abdul Kholiq (Sumber: Tangkapan layar Youtube Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS TV - Anggota Forum Ijtima Ulama Jawa Barat Lilip Abdul Kholiq membantah tudingan dari kader Politikus Partai Gerindra Kamrussamad terkait deklarasi ke Sandiaga Uno yang dilakukan pihaknya adalah sebuah rekayasa. 

Ia menyebut, dukungan kepada mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu adalah sebuah tampungan dari para kaum ulama di Jawa Barat yang menginginkan Sandiaga Uno sebagai calon presiden (Capres) pada perhelatan Pilpres 2024. 

"Pertemuan atau Ijtima Ulama itu pada dasarnya bukan rekayasa tapi itu murni aspirasi tentang menyiapkan pemimpin terbaik di negeri ini. Berdasarkan hasil Ijtima Ulama, Pak Sandiaga masuk dalam kategori," kata Lilip dalam acara Kompas Petang di Kompas TV, Sabtu (18/12/2021). 

Baca Juga: Kini, Politikus Gerindra Desak Sandiaga Uno Minta Maaf Setelah Tunggangi Ijtima Ulama untuk Capres

Ia mengatakan, dukungan itu tercetus karena para tokoh agama di Tanah Pasundan merindukan sosok Sandiaga Uno untuk menjadi pemimpin masa depan di Indonesia. 

"Ternyata para habib merindukan sosok Pak Sandiaga Uno dan itu inisiatif mengumpulkan para ulama, habib yang punya aspirasi sama untuk mendorong Pak Sandiaga Uno. Jadi tidak benar itu rekayasa perintah Pak Sandiaga Uno," ujarnya.

Ia menyatakan, deklarasi ini sebagai bentuk pihaknya dalam menyelesaikan permasalahan yang ada di tanah air. Selain itu, dirinya memastikan kalau Ijtima Ulama Jawa Barat tak ada afiliasi dengan partai politik.

"Perlu dicatat, ikhtiar kami diniatkan untuk mencari kemaslahatan negara atau umat. Kami tidak pernah ada hubungan dengan partai-partai mana pun," ujarnya. 

Sebelumnya, Politikus Partai Gerindra Kamrussamad menuding Sandiaga Uno menunggangi kegiatan ijtima Ulama Jawa Barat yang mendeklarasikan dukungan kepada Sandiaga Uno sebagai capres pada gelaran Pilpres 2024. 

"Saya khawatir ada sekelompok okunum yang bekerja secara sistematis bersama Sandiaga sehingga tega melakukan eksploitasi identitas ulama," kata anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra itu kepada wartawan, Kamis (16/12/2021). 

Baca Juga: Politikus Gerindra Tuding Sandiaga Rekayasa Ijtima Ulama demi Jadi Capres 2024

Kamrussamad menyesalkan adanya deklarasi dukungan yang mengatasnamakan Itjima Ulama pada Sandiaga yang saat ini menjabat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Ia juga mengimbau kepada para ulama dan umat Islam untuk tak termakan rayuan Sandiaga Uno yang rekam jejaknya ia anggap belum begitu banyak untuk Umat Islam di Indonesia.

 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x