Kompas TV nasional berita utama

Kemenkes: 2 Pasien Baru Omicron Miliki Riwayat Perjalanan dari Inggris dan Amerika Selatan

Kompas.tv - 18 Desember 2021, 12:18 WIB
kemenkes-2-pasien-baru-omicron-miliki-riwayat-perjalanan-dari-inggris-dan-amerika-selatan
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi (Sumber: Direktorat Jenderal P2P Kementerian Kesehatan)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan, dua pasien terkonfirmasi varian Omicron yang baru merupakan pelaku perjalanan luar negeri masing-masing berangkat dari Inggris dan Amerika Selatan.

Saat ini, dua pasien tersebut berada di Wisma Atlet untuk menjalani karantina.

Demikian Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid dalam keterangannya, Sabtu (18/12/2021).

“Dua pasien terkonfirmasi terbaru adalah IKWJ, 42 tahun, laki-laki, perjalanan dari Amerika Selatan serta M, 50 tahun, laki-laki, perjalanan dari Inggris. Saat ini keduanya sedang menjalani karantina di Wisma Atlet,” ungkap Nadia.

Nadia menjelaskan, dua pasien tersebut terkonfirmasi Omicron berdasarkan hasil pemeriksaan sampel dari lima kasus probable Omicron yang berasal dari para pelaku perjalanan internasional.

Baca Juga: Satgas Covid-19: Lebih dari 2.000 Orang di Wisma Atlet Diperiksa terkait Varian Omicron

Terkait dengan temuan ini, Nadia pun mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan tidak melakukan perjalanan ke luar negeri untuk sementara. Terlebih mengingat laju penyebaran Omicron terbukti sangat cepat.

“Indonesia adalah salah satu negara paling aman dari Covid-19. Jika kita keluar negeri, maka kita akan keluar dari zona aman menuju zona berbahaya,” ujarnya.

“Jika kembali, nanti akan berpotensi membawa Omicron ke Indonesia dan pastinya akan merusak situasi yang sudah kondusif ini,” tambah Nadia.

Apalagi, lanjut Nadia, kasus Covid-19 di beberapa negara Eropa, Afrika, dan Amerika saat ini melonjak tajam mencapai rekor tertinggi akibat menyebarnya varian Omicron yang memiliki daya tular lima kali lipat dari varian Delta.

Baca Juga: Kemenkes Deteksi Dua Pasien Omicron Baru: Keduanya Jalani Karantina di Wisma Atlet

“Penting sekali bagi kita untuk saling menjaga orang-orang terdekat agar tidak tertular Covid-19, terlebih dengan adanya varian Omicron saat ini,” ucapnya.

“Jadi saya tegaskan kembali agar tidak bepergian ke luar negeri dahulu untuk kebaikan kita bersama,” tegas Nadia.

Sebelumnya seperti telah diberitakan, pasien Omicron pertama terkonfirmasi pada Kamis (16/12/2021). Pasien berinisial N itu adalah seorang pekerja pembersih di Wisma Atlet Kemayoran.

Temuan ini merupakan hasil pemeriksaan khusus SGTF yang dilakukan oleh Badan Litbang Kesehatan pada tanggal 14 dan 15 Desember lalu.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x