Kompas TV nasional wawancara

Jokowi Akan Tanam 12 Juta Bibit Mangrove di Presidensi G20, Lahan Hanya Mampu untuk 10 Juta

Kompas.tv - 13 Desember 2021, 15:45 WIB
jokowi-akan-tanam-12-juta-bibit-mangrove-di-presidensi-g20-lahan-hanya-mampu-untuk-10-juta
Gubernur Bali. Presiden Jokowi meminta penanaman 12 juta bibit mangrove sebagai rangkaian event Presidensi G20 di Bali, Pemprov Bali hanya mampu siapkan lahan untuk 10 juta. (Sumber: Tangkapan layar YouTube)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) meminta penanaman sebanyak 12 juta bibit mangrove menjadi bagian dari rangkaian event Presidensi G20 di Bali. Namun Pemprov Bali hanya mampu menyiapkan lahan untuk penanaman 10 juta bibit mangrove.

Penjelasan itu disampaikan oleh Gubernur Bali, I Wayan Koster dalam diskusi dengan judul "Menjaga Wajah Bangsa" di Gelaran G20, yang disiarkan langsung melalu channell YouTube Forum Merdeka Barat (FMB) 9, Senin (13/12/2021).

Dia menjelaskan, lokasi penyemaian mangrove sudah diputuskan, dan Jokowi telah dua kali meninjau, yakni di tempat seluas 1.200 hektare milik Pemprov Bali.

Baca Juga: Sri Mulyani Ingin Hasil Nyata Selama RI Pegang Presidensi G20, Ini Daftarnya

“Di sana dibuatkan satu zona penyemaian mangrove yang kapastiasnya diminta oleh presiden sebanyak 12 juta bibit, tapi yang bisa dipenuhi hanya sekitar 10 juta bibit,” katanya menjelaskan.

Selain lokasi penyemaian mangrove, menurut Koster, Jokowi meminta penataan jalur dari Bandara Ngurah Rai menuju Nusadua dan venue pelaksanaan event.

“Semua lintasan yang dilewati harus ditata dengan baik, pertama harus hijau dan indah,” kata Koster.

"Kemudian pedestriannya ditata serapi mungkin. Saat ini sedang dibuat desainnya oleh arsitek dari Udayana dan disetujui oleh Menteri PU dan Menteri Lingkungan Hidup untuk desainnya."

Dia juga menjelaskan bahwa desain sedang disiapkan, dan pada akhir Desember sudah selesai.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x