Kompas TV nasional politik

Waketum MUI Anwar Abbas: Jangan Mengira Saya Memusuhi Jokowi

Kompas.tv - 13 Desember 2021, 12:32 WIB
waketum-mui-anwar-abbas-jangan-mengira-saya-memusuhi-jokowi
Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas yang mengatakan bahwa dalam bidang pertanahan, indeks gini Indonesia sangat memprihatinkan, yaitu 0,59 persen (Sumber: Youtube MUI)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas menjelaskan maksud pernyataannya terkait dirinya yang diingatkan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi agar tidak bicara keras-keras.

Anwar mengatakan bahwa pernyataan itu disampaikan teman-temannya yang hadir di Kongres Ekonomi Umat Islam II MUI sambil berseloroh.

Baca Juga: Kritik Anwar Abbas ke Pemerintahan Jokowi: Kesenjangan Ekonomi Semakin Terjal

Namun, ia mengaku terkejut ketika media memberitakan seolah mengesankan bahwa dia telah diingatkan oleh Jokowi secara langsung untuk tidak bicara keras-keras.

"Itu jelas tidak benar sama sekali. Dalam sambutan saya, kata saya kepada Pak Presiden, teman-teman mengingatkan saya supaya dalam memberikan sambutan agar jangan bicaranya terlalu keras. Mereka menyampaikan itu kepada saya sambil tertawa," kata Anwar melalui keterangan persnya pada Senin (13/12/2021).

Menanggapi ucapan teman-temannya, Anwar lantas menuturkan agar mereka tidak perlu khawatir. Sebab, Anwar yakin Jokowi sudah biasa menerima kritik dari publik.

Menurutnya, Jokowi sangat terbuka dengan kritik dan pandangan yang disampaikannya, baik atas nama MUI atau Muhammadiyah.

Baca Juga: Saat Jokowi Jawab Langsung Kritik Anwar Abbas, Tak Baca Bahan Sambutan

"Saya sampai berkesimpulan seperti itu adalah karena saya tahu Pak Jokowi itu memang orangnya terbuka dan tidak alergi terhadap kritik," ucapnya.

Bahkan, Anwar menyebut, ketika dirinya bertemu Jokowi di Istana Negara, mantan Wali Kota Solo itu mencatat berbagai kritik dan pandangan yang ia sampaikan. Karena itu, Anwar yakin Presiden Jokowi bisa menerima perspektif yang disampaikannya.

"Jadi, janganlah sampai mengira terlalu jauh di mana Pak Jokowi telah mengingatkan saya untuk tidak bicara keras sebelum saya menyampaikan sambutan," kata Anwar.

"Juga di samping itu, janganlah sampai mengira bahwa saya itu memusuhi Jokowi."

Lebih lanjut, Anwar menegaskan bahwa dirinya bukanlah pendukung Jokowi. Namun begitu, ia juga tidak anti terhadap Jokowi.

Baca Juga: Terkait Kritik Anwar Abbas, Faldo Maldini: Presiden Jokowi Mau Dikritik dan Tak Pernah Jadi Soal

Anwar menyatakan mendukung Jokowi jika langkah-langkah yang diambil itu benar. Sebaliknya, jika langkah yang diambil Presiden keliru, Anwar tak ragu mengkritik.



Sumber : Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x