Kompas TV olahraga kompas sport

Hasil Piala AFF 2020: Safawi Rasid Gemilang, Malaysia Tundukkan Laos 4-0

Kompas.tv - 9 Desember 2021, 18:29 WIB
hasil-piala-aff-2020-safawi-rasid-gemilang-malaysia-tundukkan-laos-4-0
Safawi Rasid menjadi bintang saat Malaysia mengalahkan Laos dengan skor telak 4-0 di pertandingan kedua penyisihan grup B Piala AFF 2020, Kamis (9/12/2021). (Sumber: AFF Cup)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Desy Afrianti

SINGAPURA, KOMPAS.TV - Safawi Rasid menjadi bintang saat Malaysia meraih kemenangan kedua di babak penyisihan grup B Piala AFF atas Laos, Kamis (9/12/2021). 

Bertanding di Bishan Stadium, Harimau Malaya sukses menundukkan Laos dengan skor telak 4-0.

Safawi Rasid tampil gemilang di laga ini usai ia mencatatkan trigol di menit 7, 34, dan 80. Sementara satu gol lainnya Malaysia dilesakkan oleh Shahrul Saad menit ke-78. 

Pada laga ini, Tan Ceng Hoe melakukan perubahan di timnya dengan tidak memasang striker naturalisasi mereka, Guilherme, sejak menit awal. 

Keputusan tersebut terbukti tepat dengan Malaysia yang tampil lebih atraktif dan mampu membuka keunggulan di menit 7.

Memanfaatkan umpan silang Arif Aiman, Safawi Rasid yang tanpa pengawalan dengan mudah menceploskan bola ke gawang Laos untuk membawa Malaysia unggul 1-0.

Setelah mampu mencetak gol pembuka, Malaysia tampil semakin menyerang. Gol kedua pun akhirnya lahir di menit 34 yang lagi-lagi dicetak oleh Safawi Rasid melalui sundulan dari jarak dekat. 

Babak pertama pun berakhir dengan keunggulan 2-0 Malaysia atas Laos. Saat pertandingan berlanjut ke babak kedua, Laos yang berupaya mencari gol tampil lebih menyerang. 

Namun lini depan Laos yang dipimpin Billy Ketkeophomphone belum mampu menjebol gawang Malaysia yang dijaga Khairul Fahmi. 

Baca Juga: Timnas Indonesia Tak Bisa Kibarkan Bendera Merah Putih di Piala AFF, Diganti Logo Garuda

Justru Malaysia yang kemudian mencetak gol ketiga mereka pada menit 78. Memanfaatkan serangan balik cepat, Shahrul Saad yang melakukan overlapping mampu menerobos lini pertahanan Laos dan dengan tenang menaklukan Souvannasangso dalam situasi satu lawan satu. 

Kemenangan telak Malaysia pun kemudian ditutup oleh hattrick dari Safawi Rasid di menit 80 usai pemain Johor Darul Ta'zim itu lolos dari jebakan offside yang kemudian melakukan penyelesaian mematikan dengan kaki kiri. 

Hingga wasit meniupkan peluit panjang, skor 4-0 untuk keunggulan Malaysia atas Laos tetap bertahan. Dengan kemenangan ini, Malaysia untuk sementara memimpin klasemen grup B Piala AFF 2020 dengan 6 poin dari dua pertandingan. 

Susunan Pemain Malaysia vs Laos

Malaysia: Khairul Fahmi (GK), Rizal Ghazali, Shahrul Saad, Aidil Zafuan, Baddrol Bakhtiar, Syahmi Safari, Syafiq Ahmad, Mukhairi Ajmal, Arif Aiman, Safawi Rasid, Lukman Hakim Shamsudin

Pelatih: Tan Cheng Hoe

Laos: Souvannasangso (GK), Xeedee Phomsavanh, Nalongsit Chanhthalangsy, Thippichanh Inthavong, Anantaza Siphongphan, Mitsada Saitaifah, Bounphachan Boukong, Manolom Phetphakdy, Billy Ketkeophomphone, Phoutthasay Khochalaren, Soul AphoneAphone Vongchienhkham

Pelatih: V. Selvaraj 

Baca Juga: Menpora Singgung soal Bonus jika Timnas Indonesia Juara Piala AFF 2020



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x