Kompas TV internasional kompas dunia

Varian Omicron Sudah Masuk ke 16 Negara Bagian AS

Kompas.tv - 6 Desember 2021, 12:14 WIB
varian-omicron-sudah-masuk-ke-16-negara-bagian-as
Joe Biden mengungkapkan telah memiliki rencana baru untuk melawan varian Covid-19 Omicron saat berbicara di Institut Kesehatan Nasional AS, Kamis (2/11/2021). Varian Omicron kini telah masuk ke 16 negara bagian AS atau sepertiga dari total jumlah negara bagian. (Sumber: AP Photo/Evan Vucci)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

NEW YORK, KOMPAS.TV - Virus Covid-18 varian Omicron dilaporkan telah masuk ke sepertiga wilayah Amerika Serikat atau di 16 negara bagian. Hal itu terjadi seiring dengan meningkatkan kasus Covid akibat varian Delta.

Melansir dari The New York Times, Senin (6/12)2021), 16 negara bagian tersebut adalah California, Colorado, Connecticut, Hawaii, Louisiana, Maryland, Massachusetts, Minnesota, Missouri, Nebraska, New Jersey, New York, Pennsylvania, Utah, Washington dan Wisconsin.

Anthony Fauci, yang merupakan Kepala Penasihat Bidang Kesehatan Presiden Joe Biden menilai masih terlalu dini menarik kesimpulan terkait seberapa besar dampak varian Omicron. Diperlukan studi lebih lanjut untuk mengetahuinya.

Baca Juga: CEO AirAsia Sebut Reaksi Negara-negara terhadap Varian Omicron Berlebihan

Kebanyakan kasus varian Omicron di AS terdeteksi pada individu yang sudah divaksinasi penuh dan mereka mengalami gejala-gejala ringan. Bahkan salah satu kasus varian Omicron yang terdeteksi di Lousiana ditemukan pada seseorang yang bepergian di dalam wilayah AS.

Sementara biru, Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) Richelle Walensky menyampaikan, 99,9 persen kasus baru di AS disumbang oleh varian Delta.

Baca Juga: Cegah Masuknya Varian Omicron, Karantina Orang dari Luar Negeri Diperpanjang 10 Hari

"Varian Delta menyebabkan kasus Covid naik lagi di seluruh negeri. Terutama di wilayah-wilayah yang belum tervaksinasi," kata Walensky dalam keterangan persnya.

Dalam beberapa hari terakhir, kasus positif Covid di AS kembali melonjak. Yaitu sebanyak 104.000 kasus setiap harinya. Jauh lebih tinggi dibanding 6 bulan lalu, di mana kasus positif per harinya 'hanya' 12.000. New Hampshire, Michigan, dan Minnesota adalah negara bagian dengan lonjakan kasus positif tertinggi.




Sumber :




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x