Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Benarkah Garam Epsom Bermanfaat untuk Kesehatan Fisik dan Atasi Stres?

Kompas.tv - 9 November 2021, 16:20 WIB
benarkah-garam-epsom-bermanfaat-untuk-kesehatan-fisik-dan-atasi-stres
Garam epsom adalah salah satu alat yang sering direkomendasikan oleh spesialis medis integratif untuk manfaat kesehatan fisik dan mental. (Sumber: pixabay.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Pengobatan integratif dikenal untuk merawat pikiran dan tubuh seseorang. Garam epsom adalah salah satu alat yang sering direkomendasikan oleh spesialis medis integratif untuk manfaat kesehatan fisik dan mental.

Meskipun tidak ada uji klinis yang mengkonfirmasi manfaat garam epsom, banyak penyedia layanan kesehatan mempromosikannya karena kemudahan penggunaannya dan harga yang terjangkau.

Spesialis kedokteran integratif Naoki Umeda, MD, menjelaskan tentang garam Epsom. Menurutnya, garam epsom adalah salah satu dari banyak garam mineral alami, senyawa magnesium dan sulfat.

Nama "Epsom salt" mengacu pada kota Epsom, yang terletak tidak jauh dari London, Inggris, tempat garam itu ditemukan sekitar 400 tahun yang lalu.

Manfaat garam epsom

Kata Dr Umeda, keyakinan tentang manfaat garam epsom untuk penyembuhan penyakit telah beredar selama berabad-abad.

Baca Juga: Benarkah Garam Himalaya Lebih Baik dari Garam Beryodium? Ini Faktanya!!

Pengguna biasanya melarutkan garam epsom dalam air mandi untuk melepaskan ion magnesium dan sulfat dan menuai manfaatnya.

Dilansir Cleveland Clinic, garam epsom disebut dapat meningkatkan pikiran dan tubuh.

Garam epsom dipercaya dapat membantu menstabilkan suasana hati dan menghilangkan stres, kecemasan, dan depresi.

Faktanya, beberapa peneliti mengklaim bahwa mengonsumsi magnesium dapat meningkatkan produksi serotonin (hormon kebahagiaan atau relaksasi) di otak.

Garam epsom juga digunakan untuk mengendurkan otot dan menghilangkan rasa sakit di bahu, leher, punggung, dan tengkorak.

Misalnya, dengan mengendurkan otot-otot di sekitar tengkorak, magnesium dalam garam Epsom dapat membantu meredakan sakit kepala atau migrain.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x