Kompas TV olahraga kompas sport

Pep Guardiola: Xavi Hernandez Bisa Ubah Barcelona Jadi Lebih Baik

Kompas.tv - 9 November 2021, 09:45 WIB
pep-guardiola-xavi-hernandez-bisa-ubah-barcelona-jadi-lebih-baik
Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez bertepuk tangan kepada ribuan suporter yang hadir dalam upacara perkenalannya di Camp Nou, Senin (7/11/2021). (Sumber: Joan Monfort/Associated Press)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Purwanto

BARCELONA, KOMPAS.TV - Pep Guardiola menyebut juru taktik anyar Barcelona, Xavi Hernandez dapat mengubah klub berjuluk Blaugrana itu ke arah yang lebih baik. 

Juru taktik Manchester City ini menyebut Xavi sebagai sosok yang tepat sebagai juru kemudi terbaru sepak bola Barcelona. 

Xavi resmi ditunjuk sebagai pelatih baru Barcelona pada Sabtu (6/11/2021) kemarin, menggantikan Ronald Koeman. Xavi dikontrak hingga Juni 2024. 

Baca Juga: Andres Iniesta Dukung Xavi Hernandez Sukses sebagai Pelatih Barcelona

"Xavi tahu rumahnya. Dia akan membawa energi positif. Dengan dedikasi dan cara dia memandang sepak bola, Xavi bisa mengubah situasi Barcelona menjadi lebih baik," tutur Pep, dikutip dari Marca. 

Seperti diketahui, Pep dan Xavi pernah bekerja sama di Barcelona sebagai seorang pelatih dan kapten tim. 

Selama Guardiola menukangi  Barcelona pada periode 2008 hingga 2012, Blaugrana menjalani masa-masa indah. Total, ada 14 trofi yang diraih semasa medio tersebut, termasuk dua gelar Liga Champions. 

Namun, Xavi datang pada saat Barcelona sedang tidak dalam kondisi baik-baik saja. 

Selain diterpa krisis finansial yang memaksa legenda mereka, Lionel Messi hengkang ke Paris Saint-Germain, Barcelona tak kunjung menampilkan performa apik di atas lapangan. 

Saat ini, Sergio Busquets dan kawan-kawan sudah tanpa kemenangan dalam 4 pekan terakhir Liga Spanyol 2021-22. Mereka tercecer di posisi 9 klasemen sementara dengan koleksi 17 poin dari 12 laga. 

Baca Juga: Ribuan Cules Hadiri Upacara Perkenalan Xavi, Era Baru Barcelona?

Lain itu, 11 pemain Barcelona harus menjalani perawatan cedera. 

Guardiola tidak ingin Xavi disebut sebagai penerusnya. Menurutnya, Xavi cukup menjadi diri sendiri. 

"Saya bukan pewaris siapa pun. Xavi bukan penerus saya atau orang lain. Dia harus menjadi dirinya sendiri," tandas Guardiola. 

 




Sumber : Marca




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x