Kompas TV internasional kompas dunia

Taliban Lantik 43 Pejabat Afghanistan, Mulai Gubernur hingga Kepala Polisi

Kompas.tv - 8 November 2021, 20:21 WIB
taliban-lantik-43-pejabat-afghanistan-mulai-gubernur-hingga-kepala-polisi
Para pejabat Taliban. Taliban melantik pejabat provinsial baru pada 7 November 2021. (Sumber: AP Photo/Alexander Zemlianichenko, Pool)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

KABUL, KOMPAS.TV - Taliban melantik 43 pejabat Afghanistan dari kelompoknya sendiri pada Minggu (7/11/2021). Pejabat-pejabat tersebut akan menduduki posisi krusial, termasuk sebagai gubernur provinsi dan kepala polisi.

Menurut laporan Ariana News, Taliban telah merilis daftar pejabat provinsi baru bagi negara yang mereka deklarasikan sebagai Emirat Islam Afghanistan.

Salah satu pejabat yang ditunjuk adalah gubernur Kabul. Ibu kota Afghanistan itu kini dipimpin oleh Qari Baryal.

Sementara anggota Taliban lain, Wali Jan Hamza, ditunjuk menjadi kepala kepolisian Kabul.

Baca Juga: Taliban Waspadai Adanya Penyusup, Diyakini Berusaha Menjelekkan Mereka

Wali Jan Hamza akan menggantikan Hamdullah Mukhlis yang terbunuh dalam serangan ISIS-K ke rumah sakit militer Kabul pada awal bulan ini.

Penunjukan ini adalah penunjukan besar-besaran pertama sejak pengumuman kabinet Taliban pada September 2021 lalu.

Waktu itu, Taliban mengumumkan pemerintahan interim untuk mengisi kekuasaan Afghanistan. Mereka berhasil mendongkel pemerintahan Ashraf Ghani pada pertengahan Agustus dan mengalahkan pemberontak sisa pemerintahan lama.

Sejak mendeklarasikan Emirat Islam Afghanistan, Taliban berjanji lebih moderat dibanding pemerintahan mereka pada 1996-2001.

Sejumlah langkah diambil Taliban untuk membuktikan klaim tersebut. Di antaranya adalah membuka sekolah menengah untuk perempuan serta membuka akses terhadap bantuan vaksinasi polio.

Akan tetapi, pemerintahan Taliban juga tak luput dari guncangan keamanan. ISIS-K menjadi pihak yang terus menyerang Afghanistan dua bulan belakangan.

ISIS-K kerap mengirim serangan bom atau serbuan kelompok bersenjata yang mengincar anggota Taliban maupun warga sipil, khususnya minoritas Syiah.

Baca Juga: Taliban Mulai Vaksinasi Polio bagi Balita di Seluruh Afghanistan

 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x