Kompas TV nasional politik

Eks Kepala Bais: Jokowi Pilih Panglima TNI Berdasarkan Kedekatan, Bisa Saja Darat atau Udara Lagi

Kompas.tv - 8 November 2021, 06:50 WIB
eks-kepala-bais-jokowi-pilih-panglima-tni-berdasarkan-kedekatan-bisa-saja-darat-atau-udara-lagi
Calon tunggal Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dalam sebuah acara. Menurut rencana, Komisi I DPR RI akan memeriksa kediaman KSAD tersebut Minggu sore nanti (7/11/2021). (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan Kepala Badan Intelijen Strategis (Bais) TNI Soleman B Ponto angkat bicara terkait keputusan Presiden Joko Widodo atau Jokowi menunjuk Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI.

Soleman menilai dengan keputusan itu, menunjukkan bahwa Presiden Jokowi memilih sosok Panglima TNI hanya berdasarkan kedekatan atau chemistry.

Baca Juga: Zulkifli Hasan: Jenderal Andika Perkasa Panglima TNI Paling Top, Sayangnya...

Oleh karena itu, ia lantas mengingatkan kepada matra TNI selain darat dan udara agar membangun chemistry dengan Presiden Jokowi.

"Makanya dalam satu tahun ini memang yang kedua laut sama udara ini harus bisa memperlihatkan bisa enggak membangun chemistry, kalau tidak terbangun bisa saja beliau ke darat lagi atau ke udara lagi," kata Soleman dalam sebuah diskusi daring pada Minggu (7/11/2021).

Soleman kemudian menyoroti keputusan Presiden Jokowi yang dianggap sudah sering memilih Panglima TNI dari matra Angkatan Darat. 

Baca Juga: Haruskah Panglima TNI Punya Kendaraan Politik Usai Pensiun? - ROSI

Padahal, kata dia, presiden seharusnya memilih Panglima TNI dari matra lain secara bergiliran. Hal tersebut sebagaimana diatur dalam UU TNI.

"Di undang-undang ini diatur bahwa Panglima TNI itu bergantian. Nah bergantian itu bisa bergantian laut udara, atau darat laut, darat udara," ujarnya.

Ia mencontohkan pada era Presiden Megawati Sukarnoputri dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang memilih Panglima TNI secara bergantian dengan melibatkan tiga matra selama kepemimpinannya.

Baca Juga: Beri Ucapan Selamat, Airlangga Sebut Andika Perkasa Miliki Visi Kuat di Bidang Siber

"Itu bergantian namanya. Kalau Bu Mega (Megawati Soekarnoputri) itu darat, laut, udara, Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) darat, laut, darat, udara,” ujar Soleman. 




Sumber : Kompas.com




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x