Kompas TV internasional kompas dunia

Makan Steak Mewah Berlapis Emas di London, Pejabat Vietnam Jadi Sasaran Amarah Netizen

Kompas.tv - 6 November 2021, 16:00 WIB
makan-steak-mewah-berlapis-emas-di-london-pejabat-vietnam-jadi-sasaran-amarah-netizen
Jendreal To Lam, menteri keamanan publik Vietnam, yang kantornya menangani pemantauan perbedaan pendapat dan pengawasan aktivis di negara itu, terlihat tengah bersiap menggigit sebongkah daging di Nusr-Et Steakhouse di daerah papan atas Knightsbridge, London, Inggris, seperti dilansir Straits Times, Sabtu (06/11/2021). (Sumber: Straits Times via AFP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

LONDON, KOMPAS.TV - Sebuah video yang memperlihatkan seorang pejabat Vietnam yang berkuasa tengah menikmati gigitan steak yang dibungkus sehelai emas di sebuah restoran mewah di London, memicu kemarahan netizen di negara itu, di mana rata-rata orang menghasilkan hanya beberapa dolar sehari.

Jendreal To Lam, menteri keamanan publik Vietnam, yang kantornya menangani pemantauan perbedaan pendapat dan pengawasan aktivis di negara itu, terlihat menggigit sebongkah daging di Nusr-Et Steakhouse di daerah papan atas Knightsbridge, London, seperti dilansir Straits Times, Sabtu (6/11/2021).

Restoran Nusr-Et menyajikan steak yang dibungkus dengan daun emas 24 karat yang dapat dimakan. Menu tersebut dilaporkan berharga lebih dari 1.000 dolar AS per porsi.

Nusr-Et sendiri diambil dari nama pemiliknya yang berasal dari Turki, Nusret Gokce, yang memiliki hampir 40 juta pengikut di Instagram dan memiliki julukan 'saltbae'.

David Beckham, Leonardo DiCaprio, Naomi Campbell - dan sekarang Jenderal To Lam yang berusia 64 tahun, termasuk di antara pengunjung cabang restoran Nusr-Et di seluruh dunia.

Video klip yang menampilkan politisi Vietnam itu awalnya diunggah oleh restoran Nusr-Et namun kini dihapus. Video tersebut menyebar di Tiktok dan Facebook di Vietnam pada Jumat (5/11/2021).

Banyak netizen yang mengungkapkan kemarahan mereka tentang dekadensi yang dipamerkan sementara negara itu tengah berjuang setelah gelombang dahsyat Covid-19 yang telah menghilangkan banyak pekerjaan dan menyebabkan kontraksi terberat dalam produk domestik bruto Vietnam.

"Orang-orang menghadapi kesulitan ekstrem karena pandemi, tetapi (pejabat) menikmati diri mereka sendiri dengan cara selebriti kelas dunia," tulis Pham Viet Duc di Facebook.

Baca Juga: Tegas! Pemerintah Vietnam Penjarakan Pria Pelanggar Aturan Karantina Covid-19 Selama 5 Tahun

Yang lain memposting gambar anak-anak miskin di daerah paling miskin di Vietnam dalam komentar tentang klip itu.

"Hanya secara tidak sengaja orang melihat video ini, tetapi mereka selalu menghabiskan uang dengan cara ini atau seribu kali lebih banyak", kata Tommy Lee di Facebook.

Rata-rata warga Vietnam memperoleh pendapatan bulanan sekitar 184 dolar AS tahun lalu, menurut Kantor Statistik Umum negara itu.

Tidak jelas kapan tepatnya video itu direkam, tetapi Lam berada di Inggris untuk menghadiri konferensi iklim COP26 dan bertemu dengan menteri dalam negeri Inggris pada Senin (1/11/2021) lalu.

Lam, anggota politbiro kuat Vietnam yang beranggotakan 18 orang, telah menjadi menteri keamanan publik sejak 2016 dan mengambil garis keras terhadap gerakan hak asasi manusia di negara komunis itu.

Tiga tahun lalu, Presiden Venezuela Nicolas Maduro juga dikritik karena makan di cabang kelompok restoran yang sama di Turki.




Sumber : Kompas TV/Straits Times/AFP




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x