Kompas TV regional agama

UI Gandeng PBNU, Said Aqil: Saya Khawatir Radikalisme Subur di Kampus Non Agama

Kompas.tv - 29 Oktober 2021, 14:40 WIB
ui-gandeng-pbnu-said-aqil-saya-khawatir-radikalisme-subur-di-kampus-non-agama
Rektor UI Ari Kuncoro bersama Ketua PBNU Said Aqil Siradj saat menandatangani nota kesepamahan kerja sama (Sumber: Humas UI)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

DEPOK, KOMPAS-TV - Universitas Indonesia (UI) menggandeng Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dalam sebuah nota kesepakatan bersama. Nota kesepakatan bersama dalam keterangan resminya menyebut "dalam rangka membentuk karakter moral serta pendidikan nilai-nilai kebangsaan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 bagi generasi muda bangsa".

Ketua PBNU, Said Aqil Siradj, menyambut baik adanya nota kesepakatan antara kedua belah pihak ini. Apalagi, menurutnya, Said Aqil khawatir potensi radikalisme di kampus nonagama seperti halnya Universitas Indonesia.

Baca Juga: Gus Yahya dan Said Aqil Dinilai Layak Jadi Ketum PBNU, Siapa Bakal Dipilih oleh Para Nahdliyin?

Said Aqil yang juga bakal dikabarkan akan maju sebagai calon ketua PBNU untuk ketiga kalinya itu juga menyinggung soal Pancasila dan signifikansinya. Pancasila, menurutnya, adalah bentuk ideologi ideal sebagai benteng terhadap radikalisme.

Guru besar ilmu tasawuf Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya lantas menjelaskan, Islam  moderat juga benteng radikalisme karena sifatnya yang modern dan adaptif terhadap pelbagai fenomena masyarakat.

Nota kesepakatan antara UI dan PBNU nantinya akan diturunkan menjadi beberapa kegiatan. Mulai dari soal Pendidikan, penelitian hingga kegiatan kajian ilmiah.

Baca Juga: Said Aqil Siradj: Kotak Amal Disalahgunakan Teroris untuk Rekrut anak Muda dan Milenial

Penandatangan nota kesepakatan ini dari pihak UI adalah, rector UI Ari Kuncoro, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Abdul Haris, Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset Dedi Priadi, dan Ketua MWA UI Saleh Husin.

Dari pihak PBNU selain Said Aqil nota kesepakatan ini dihadiri oleh sejumlah jajaran PBNU, seperti Robikin Emhas dan Marsudi Syuhud.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x