Kompas TV nasional indonesia update

Menteri PUPR akan Ke Korsel untuk Persiapan Pembangunan Ibu Kota Baru

Kompas.tv - 28 Oktober 2021, 13:29 WIB
menteri-pupr-akan-ke-korsel-untuk-persiapan-pembangunan-ibu-kota-baru
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Dalam rangka menyongsong pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Baru Indonesia, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono berencana mengunjungi proyek eco delta smart city di Korea Selatan. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berencana mengunjungi proyek eco delta smart city di Korea Selatan.

Basuki menjelaskan, kunjungan tersebut sekaligus sebagai persiapan dalam proses pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Baru Indonesia yang juga bakal mengusung konsep smart city.

"Kami diundang ke sana (Korea Selatan). Saya hendak melihat progres pembangunan (proyek eco delta smart city), dalam rangka (untuk persiapan) IKN," kata Basuki dalam puncak acara Hari Habitat dan Kota Dunia 2021, Rabu (27/10/2021).

Basuki juga mengungkapkan, dalam proyek tersebut, ia tertarik untuk mempelajari desain rumah yang sarat akan teknologi future smart home.

Baca Juga: Ini Isi RUU IKN yang Kini Sudah di Tangan DPR

Menurut Basuki, dengan menerapkan konsep eco delta smart city, orang yang tinggal di kawasan itu bakal memilik umur lebih panjang lima tahun.

Akan tetapi, Basuki menekan bahwa konsep eco delta smart city beserta indikator utamanya tersebut, tidaklah sama dengan digital city.

"(Smart city itu) tidak hanya bayar pajak di sini lalu akan dimonitor di kantor pusat, bukan itu," tegas Basuki.

Selain itu, lanjut Basuki, masih ada beberapa indikator yang mesti diikuti sebuah wilayah agar dapat menjadi smart city.

"Misalnya, dapat menghemat waktu berapa jam kalau orang mau ketemu dokter. Kalau kita mau ke pasar, berapa menit yang bisa dihemat untuk mencari tempat parkir," terangnya.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x