Kompas TV internasional kompas dunia

Disebut Dalam Pandora Papers, Kejaksaan Chile Buka Penyelidikan Terhadap Presiden Sebastian Pinera

Kompas.tv - 9 Oktober 2021, 05:52 WIB
disebut-dalam-pandora-papers-kejaksaan-chile-buka-penyelidikan-terhadap-presiden-sebastian-pinera
Presiden Chile, Sebastian Pinera. Kejaksaan Chile hari Jumat (08/10/2021) membuka penyelidikan terhadap Presiden Sebastian Pinera atas dugaan penjualan perusahaan pertambangan melalui perusahaan milik anak-anaknya yang muncul dalam Pandora Papers (Sumber: France24 via AFP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

SANTIAGO, KOMPAS.TV - Kejaksaan Chile membuka penyelidikan terhadap Presiden Sebastian Pinera atas dugaan penjualan perusahaan pertambangan melalui perusahaan milik anak-anaknya, yang muncul dalam Pandora Papers.

Seperti dilansir Straits Times mengutip AFP, Jumat (8/10/2021)  Jaksa Agung Chile, Jorge Abbott, membuka penyelidikan setelah Pandora Papers mengungkap penjualan perusahaan pertambangan Dominga oleh sebuah perusahaan "yang terkait dengan keluarga Presiden Pinera," kata Marta Herrera, kepala unit anti-korupsi di kantor kejaksaan Chile.

Pada Senin kemarin, (4/10/2021), Pinera mengatakan tidak ada konflik kepentingan dalam penjualan tahun 2010, yang terjadi pada masa jabatan sebelumnya. 

Herrera mengatakan kantor kejaksaan mengambil keputusan untuk melakukan penyelidikan karena terdaat kemungkinan bahwa kesepakatan itu melibatkan "tindak penyuapan, kejahatan pajak, hal-hal yang pada akhirnya akan menjadi subjek penyelidikan."

Kasus ini akan dipimpin oleh jaksa penuntut umum di wilayah Valparaiso, di utara ibu kota Santiago.

Herrera mengatakan tindak korupsi penyuapan beresiko hukuman penjara lima tahun.

Baca Juga: Namanya Tercantum di Pandora Papers, Ini Jawaban dari Pihak Luhut dan Airlangga

Pandora Papers mengklaim sebagai investigasi terbesar dalam sejarah jurnalisme yang mengungkap sistem keuangan bayangan yang menguntungkan orang-orang paling kaya dan berkuasa di dunia. (Sumber: Kompas TV)

Menurut investigasi oleh dua media lokal, CIPER dan LaBot yang merupakan bagian dari International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ) yang memproduksi Pandora Papers, Dominga dijual kepada pengusaha Carlos Alberto Delano, teman Pinera, senilai 152 juta dollar AS dalam kesepakatan yang dilakukan di Kepulauan Virgin Britania Raya.

Penyelidikan menemukan pembayaran itu dijadwalkan untuk tiga kali angsuran dengan klausul yang menyatakan, angsuran terakhir tergantung pada "tidak menetapkan kawasan perlindungan lingkungan di wilayah operasi perusahaan pertambangan, seperti yang dituntut oleh para pecinta lingkungan."

Menurut penyelidikan, pemerintah Pinera tidak membuat kawasan lindung di sekitar lokasi tambang yang bersangkutan.



Sumber : Straits Times



BERITA LAINNYA


Opini

Anima Mundi

8 Juli 2024, 23:00 WIB

Close Ads x