Kompas TV regional update

Bentrokan Berdarah Tewaskan 2 Petani Majalengka, 2 Tersangka Masuk DPO

Kompas.tv - 6 Oktober 2021, 17:34 WIB
bentrokan-berdarah-tewaskan-2-petani-majalengka-2-tersangka-masuk-dpo
Konferensi pers pengungkapan kasus tragedi berdarah pada lahan tebu PG Jatitujuh di perbatasan Indramayu-Majalengka di Mapolres Indramayu, Rabu (6/10/2021). (Sumber: Tribun Cirebon/ Handhika Rahman)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Purwanto

INDRAMAYU, KOMPAS.TV – Kepolisian Resort Indramayu masih mencari dua orang yang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam bentrokan berdarah di lahan tebu PG Jatitujuh-perbatasan Kabupaten Indramayu dan Majalengka, Jawa Barat. 

Penetapan dua orang dalam daftar pencarian orang itu disampaikan oleh Kepala Polres Indramayu, Ajun Komisaris Besar M. Lukman Syarif, saat konferensi pers di Mapolres Indramayu, Rabu (6/10/2021).

Kepolisian telah menetapkan tujuh orang tersangka yang semuanya adalah anggota Forum Komunikasi Masyarakat Indramayu Selatan.

Selain dua buron itu, dilansir Tribun Jabar, polisi menetapkan lima tersangka lain. Inisial empat dari tujuh tersangka itu adalaj ERYT (43) dan DRYN (46), SBG (48), dan SWY (51).

Adapun satu tersangka lainnya adalah Taryadi, 43 tahun, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indramayu. Dalam laman DPRD Kabupaten Indramayu, Taryadi tercatat sebagai anggota Komisi II dari Fraksi Demokrat-Perindo.

Baca Juga: Seorang Anggota DPRD Indramayu Tersangka Bentrok di Lahan Tebu yang Tewaskan 2 Warga Majalengka

ERYT dan DRYN merupakan pengurus Forum Komunikasi, sementara SBG dan SWY selaku anggota Forum Komunikasi.

"Dua tersangka lainnya masih DPO, tapi kita sudah kantongi nama-namanya," ujar dia.

Bentrokan pada Senin (4/10/2021) mengakibatkan dua orang petani penggarap tewas. Mereka terkena sabetan senjata tajam.

"Penetapan tersangka ini setelah kita memeriksa sebanyak 26 saksi," ujar Lukman saat konferensi pers di Mapolres Indramayu, Rabu (6/10/2021), dikutip dari Tribun Jabar.

Sebelumnya diberitakan, bentrokan antara dua kelompok terjadi di lahan tebu Pabrik Gula Jatitujuh di Desa Karticala, Kecamatan Tukdana, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Senin (4/10/2021) pukul 10.15 WIB.

Camat Jatitujuh Ikin Asikin mengatakan, dua kelompok tani yang bentrok berasal dari kelompok kemitraan PG Jatitujuh dengan kelompok Forum Komunikasi Masyarakat Indramayu Selatan (F-Kamis).

"Itu konflik yang sudah berlangsung lama. Perselisihan lahan menjadi faktor kelompok tani tersebut konflik," ucap Asikin.

Baca Juga: Petani Majalengka Diserang, 2 Tewas

Kapolres menyebut bahwa FKMIS dinilai sering mengintimidasi para petani penggarap yang bermitra dengan Perusahaan Gula (PG) Jatitujuh.

"Mereka mengintimidasi para petani yang bermitra dengan PG Jatitujuh. Karena mereka ini ingin menguasai lahan," Kata Lukman.



Sumber : Tribun Jabar



BERITA LAINNYA



Close Ads x