Kompas TV religi beranda islami

Jika Kita Putus Asa soal Rezeki, Ingatlah Selalu Janji Allah Ini

Kompas.tv - 11 September 2021, 05:25 WIB
jika-kita-putus-asa-soal-rezeki-ingatlah-selalu-janji-allah-ini
Burung pun berikhtiar mencari rezeki tanpa putus asa (Sumber: pixabay)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Persoalan hilangnya rezeki memang selalu menjadi momok yang menakutkan. Terkadang, membuat manusia putus asa.

Apalagi, jika dihadapkan dengan persoalan ekonomi kian menghimpit. Imbasnya, tak jarang, kita justru berpaling dari-Nya.

Padahal, janji Allah kepada manusia sudah sangat jelas. Rezeki akan senantiasa diberikan. 

Janji Allah SWT dalam Alquran berikut ini:

Wa ma min daabbbatin fil hardi illa ‘alallahi rizquhaa wa ya’mu mustaqorroha wa mustauda’aha, kullu fi kitaabim mubiiin

“Tidak ada satu binatang melata pun di muka bumi ini, melainkan Allah telah menjamin rezeki buatnya. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semua (tertulis) dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh)” (Qs Hud ayat 6)

Berdasarkan janji Allah melalui Alquran, mungkin kita bisa sedikit lega dan menarik napas panjang. Urusan rezeki, jodoh, dan mati adalah kuasa Allah. Kenapa manusia harus ragu?

Tugas kita sebagai hamba hanyalah senantiasa bekerja sebaik mungkin, mencari rezeki yang halal untuk keluarga kita, dan selalu berpikir positif terhadap Allah.

Baca Juga: Kisah Penjara Pertama dalam Sejarah Islam

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bahkan pernah bersabda, Man arafa nafsahu faqad arafa Rabbahu. Artinya, “barangsiapa mengenal dirinya, maka ia mengenal Tuhannya.”

Hadis ini seakan mengurai tentang bagaimana pikiran kita bekerja. Pikiran yang didasarkan pada hal positif, melihat segala sesuatu dengan jernih dan penuh optimisme maka akan berpotensi menemukan cahaya Allah.

Jika sudah mengetahui eksistensi kita sebagai manusia yang bergantung kepada Allah itulah, kelak, kita tidak akan lagi ketakutan akan rezeki yang berkurang, tertukar maupun hilang. Sebab, segalanya dari-Nya dan Dia tidak akan pernah melupakan kita.

Selalu berpikir positif, ikhtiar, dan berdoa. Janji Allah tidak akan pernah hilang, manusia yang kadang tidak percaya. Wallahu a’lam.

Baca Juga: Doa Sederhana Rasulullah jika Kamu Diuji Sakit, Punya Arti Begitu Dalam

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x