Kompas TV nasional indonesia update

Bangga! 3 Karya Biro Arsitek Indonesia Raih Penghargaan Internasional

Kompas.tv - 28 Agustus 2021, 12:23 WIB
bangga-3-karya-biro-arsitek-indonesia-raih-penghargaan-internasional
Microlibrary Warak Kayu karya SHAU Architects. (Sumber: SHAU Architects)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kualitas biro-biro arsitek di Indonesia kini sudah tidak dapat dipandang sebelah mata karena dari tahun ke tahun senantiasa menunjukan prestasi hingga ke kancah dunia.

Melansir Kompas.com, Jumat (27/8/2021), selama empat tahun terakhir ini saja sudah ada tiga karya biro arsitek Indonesia yang menyabet penghargaan internasional.

Supaya tak penasaran dengan karya-karya arsitektur anak bangsa yang go international tersebut, simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

1. Microlibrary Warak Kayu, SHAU

Perpustakaan mungil yang berlokasi di Taman Kasmaran, Semarang, Jawa Tengah ini hadir sebagai hub atau pusat kegiatan bagi masyarakat sekitarnya.

Uniknya, Microlibrary Warak Kayu ini 100 persen dibangun dengan menggunakan kayu yang telah mendapat sertifikasi dari Forest Stewardship Council (FSC).

Artinya, kayu yang digunakan berasal dari hutan yang dikelola dengan baik serta memberikan manfaat lingkungan, sosial, dan ekonomi.

Baca Juga: UNESCO Tetapkan Kopenhagen sebagai Ibu Kota Arsitektur Dunia 2023

Selain itu, lewat perpustakaan ini, SHAU menjadi biro arsitek Indonesia pertama yang berhasil meraih penghargaan di ajang bergengsi Building of the Year 2021 oleh ArchDaily.

Microlibrary Warak Kayu terpilih sebagai karya arsitektur terbaik untuk kategori Public and Landscape Architecture, mengalahkan 75 finalis lainnya dari enam benua.

Secara arsitektural perpustakaan ini mewakili desain iklim pasif dengan material dan eksperimen tipologi yang cocok untuk konteks iklim tropis.



Sumber : Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x