Kompas TV internasional kompas dunia

Evakuasi Masih Berlangsung, Ini Foto-Foto Eksklusif Suasana di Bandara Kabul Afghanistan

Kompas.tv - 18 Agustus 2021, 21:58 WIB
evakuasi-masih-berlangsung-ini-foto-foto-eksklusif-suasana-di-bandara-kabul-afghanistan
Di tengah penjagaan pasukan militer internasional NATO, puluhan warga asing tampak berjalan melintasi area bandara internasional di Kabul, Afghanistan, Rabu (18/8/2021). (Sumber: Istimewa)
Penulis : Vyara Lestari

KABUL, KOMPAS.TV – Proses evakuasi di bandara internasional Kabul menyusul pendudukan Taliban atas Afghanistan sejak Minggu (15/8/2021) lalu, masih terus berlanjut. Sebelumnya, proses evakuasi sempat terhenti lantaran ribuan warga Afghanistan menyerbu landasan dan bahkan nekat menaiki pesawat yang hendak lepas landas.

Hingga Rabu (18/8/2021), proses evakuasi masih terus berlanjut. Namun, suara tembakan sporadis masih terus terdengar. Pasukan militer internasional NATO yang terdiri dari pasukan Amerika Serikat (AS) dan sejumlah negara lainnya itu berusaha menghalau upaya penetrasi Taliban ke dalam perimeter bandara. Aktivitas mobilisasi personel dan kendaraan tempur taktis jelas terlihat di sejumlah titik di area bandara.  

Baca Juga: Penerbangan Kembali Berlangsung di Bandara Kabul, Afghanistan, Setelah Kemarin Kusut dan Kacau  

Seorang sumber Warga Negara Indonesia (WNI) yang tengah menanti proses evakuasi di Bandara Internasional Hamid Karzai menyebut, ratusan pekerja lembaga internasional PBB dari berbagai negara masih menanti dievakuasi.

Banyak pula warga Afghanistan yang berstatus imigrasi khusus yang menanti dievakukasi untuk direlokasi ke berbagai negara anggota NATO, di antaranya seperti AS, Jerman, Inggris, Turki, Italia dan Denmark.

Sebuah rekaman video yang diterima Kompas.tv memperlihatkan, puluhan warga negara asing (WNA) tampak duduk mengantri di sebuah area bandara yang mirip seperti hanggar pesawat. Di luar area itu, puluhan WNA tampak berbaris mengantri, sepertinya untuk menaiki pesawat. Beberapa personel militer asing juga tampak berjaga di sekitar area itu.   

Baca Juga: Bandara Kabul Kacau, Sedikitnya 7 Orang Tewas, AS Kirimkan 1.000 Pasukan Lagi

Berikut sejumlah foto-foto eksklusif proses evakuasi di Bandara Internasional Hamid Karzai yang diterima Kompas.tv:

Sejumlah warga asing tampak menanti evakuasi di Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul, Afghanistan, Rabu (18/8/2021). (Sumber: Istimewa)
Sejumlah tentara militer tampak berjaga di area Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul, Afghanistan, Rabu (18/8/2021). (Sumber: Istimewa)
Puluhan warga asing tampak duduk mengantri dievakuasi di bandara internasional Kabul, Afghanistan, Rabu (18/8/2021). (Sumber: Istimewa)

Baca Juga: Bandara Kabul Kacau, Sedikitnya 7 Orang Tewas, AS Kirimkan 1.000 Pasukan Lagi

 

 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x