Kompas TV nasional peristiwa

Erick Thohir Apresiasi Upaya PLN Produksi Oksigen Murni 2 Ton per Hari

Kompas.tv - 12 Agustus 2021, 14:28 WIB
erick-thohir-apresiasi-upaya-pln-produksi-oksigen-murni-2-ton-per-hari
Menteri BUMN Erick Thohir. (Sumber: Dok. Kementerian BUMN)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Perseroan Terbatas (PT) Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN akan mulai memproduksi oksigen medis guna membantu penanganan Covid-19 di Indonesia. 

Menanggapi hal itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengapresiasi langkah PLN yang melakukan inovasi produksi oksigen medis murni. 

"Saya mengapresiasi (PLN). Apalagi tadi juga disampaikan bahwa kita tidak berhenti di sini, tetapi kita akan memproduksi hingga sampai dua ton (oksigen medis) untuk di sekitar wilayah Jawa pada saat-saat pertama ini," kata Erick dalam Launching Produksi Oksigen PLN Peduli, Kamis (12/8/2021).

Mantan Bos Inter Milan ini menegaskan langkah yang dilakukan PLN ini merupakan hal yang sangat positif.

Sebab itu, ia berharap apa yang dilakukan PLN ini dapat menjadi contoh bagi BUMN lainnya untuk dapat melakukan terobosan yang bermanfaat. 

"Apa yang dilakukan PLN hari ini sebagai contoh di mana memberikan sebuah terobosan dari sesuatu yang tadinya tidak bermanfaat, kemudian diproses lima kali akhirnya menjadi oksigen medis yang sesuai dengan standar dan bisa diberikan pada rumah sakit," tegasnya.

Baca Juga: Bantu Penanganan Covid-19, PLN Produksi Oksigen Medis

Sementara itu, Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mengatakan nantinya PLN akan memproduksi oksigen medis murni sebanyak 2 ton per hari.

"Ke depan ada potensi peningkatan produksi optimum oksigen medis murni sekitar dua ton per hari dari 19 pembangkit di regional Jawa, Madura, dan Bali," sambung Zulkifli.

Menurut penjelasannya, pihaknya telah mendayagunakan semua kemungkinan untuk memproduksi oksigen medis murni, dari oksigen yang awalnya dibuang ke udara pada sistem pendinginan pembangkit PLN. 

Lebih lanjut dia mengungkapkan oksigen yang diproduksi tersebut, telah memenuhi ketentuan syarat medis dan mendapatkan sertifikasi dari Kementerian Kesehatan (Kemkes).

"Alhamdulillah oksigen murni yang dihasilkan dalam projek ini telah mendapat sertifikasi medis dari Kemenkes," ungkapnya. 

Artinya, lanjut dia, oksigen murni sudah lulus uji ini kemudian bisa dimanfaatkan oleh rumah sakit penanganan Covid-19 untuk menyelamatkan pasien yang saat ini sakit di tengah krisis oksigen medis.

Zulkifli juga menuturkan bahwa produksi oksigen medis murni kedepan akan diproduksi secara berkelanjutan melalui program CSR PLN Group.

Baca Juga: Kasus Corona NTB Tinggi, Kebutuhan Oksigen Meningkat

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x