Kompas TV regional berita daerah

Kasus Covid-19 Melonjak, Ridwan Kamil Minta BUMD Jabar Gotong Royong Tangani Pandemi

Kompas.tv - 8 Juli 2021, 08:07 WIB
kasus-covid-19-melonjak-ridwan-kamil-minta-bumd-jabar-gotong-royong-tangani-pandemi
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menghadiri konferensi pers perkembangan Covid-19 Jabar di Gedung Pakuan, Kota Bandung, beberapa waktu lalu. (Sumber: Dok. Humas Pemprov Jabar)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

BANDUNG, KOMPAS.TV  - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamin meminta semua pihak khususnya Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk turung tangan dalam mengatasi lonjakan kasus Covid-19. 

Kang Emil,  sapaan akrab Ridwan Kamil,  menyampaikan penguatan rumah sakit rujukan Covid-19 perlu dilakukan secara gotong royong. 

Pernyataan ini disampaikan Kang Emil saat menyaksikan penyerahan bantuan berupa 70 tempat tidur rumah sakit dari BUMD Jabar kepada pihak Rumah Sakit Dustira, Kota Cimahi, Rabu (7/7/2021).

"Dalam suasana kedaruratan, kita terus berupaya mendahulukan yang urgensi dengan segala dukungan yang bisa kita lakukan,” kata Kang Emil dikutip dari laman Pemprov Jabar, Kamis (8/7/2021). 

Dia kemudian menginstruksikan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto untuk memperkuat penanganan Covid-19 di tingkat RT/RW maupun desa dengan memaksimalkan peran Babinsa. 

Baca Juga: Mobilitas Masyarakat Masih Tinggi, Ridwan Kamil: PPKM Darurat Jabar Belum Memuaskan

Menurut penuturannya terdapat 300 orang yang meninggal dunia saat isolasi mandiri se-Indonesia, dimana sekitar 90 orang meninggal di Jabar.

"Saya sedih mendengar data itu. Mungkin ada arahan dari Panglima minimal Babinsa bisa terus memonitor khususnya di desa-desa, sehingga jangan ada rakyat kita yang meninggal dunia tanpa kehadiran negara. Saya kira itu penguatan yang harus diperkuat juga," jelas Kang Emil. 

Selain memerintahkan Pangdam III/Siliwangi untuk memperkuat peran Babinsa, dia juga meminta Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana intens memonitor penanganan Covid-19.

Termasuk memastikan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Kota Cimahi berjalan optimal. 

Baca Juga: Pemprov Jabar Alihakan Dana Proyek Sebesar Rp 140 Miliar untuk Pasien Covid-19

Dia juga mengungkapkan Kepala Biro BUMD sudah berkoordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatan untuk menambah kekuatan rumah sakit, mengingat tekanan perawatan pasien Covid-19 kini sangat besar.

“Untuk dokter-dokter, nakes, di Rumah Sakit Dustira tetap semangat. Saya juga mengucapkan terima kasih mewakili masyarakat, baik yang dirawat maupun keluarga, semoga Allah SWT membalas semua pengabdian bela negara bapak/ibu semua di RS Dustira ini,” ujarnya.

Sementara itu, terkait penyerahan bantuan 70 tempat tidur rumah sakit kepada Rumah Sakit Dustira, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto berharap ini dapat menambah kekompakan dari semua elemen dalam membantu menangani pandemi Covid-19.   

“Tentunya kita sangat berharap, kita bisa membantu all out dalam membantu pemerintah daerah dan pemerintah pusat menangani Covid-19 ini dengan sebaik-baiknya,” ujar Budi. 

Baca Juga: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Bakal Siapkan Gudang Oksigen di 27 Kabupaten




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x