Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi: Terima Kasih Dokter, Nakes, dan Relawan Bekerja Pagi-Malam Atasi Covid-19

Kompas.tv - 8 Juli 2021, 07:43 WIB
jokowi-terima-kasih-dokter-nakes-dan-relawan-bekerja-pagi-malam-atasi-covid-19
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan ucapan terima kasih kepada seluruh dokter, tenaga kesehatan (Nakes) dan para relawan karena telah berjibaku menangani pasien Covid-19. 

Rasa terima kasih ini disampaikan Jokowi setelah meninjau kesiapan Rumah Susun (Rusun) Pasar Rumput, Jakarta, sebagai salah satu tempat isolasi terpusat bagi pasien Covid-19, Rabu (7/7/2021). 

“Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para dokter, para tenaga kesehatan, dan seluruh relawan yang telah bekerja pagi, siang, dan malam dalam rangka menangani Covid-19," kata Jokowi seperti yang dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (8/7/2021).

Sementara itu, untuk membantu para dokter, Nakes, dan relawan, Jokowi memberikan arahan kepada para kepala daerah untuk terjun mengecek penanganan pandemi Covid-19.

"Saya juga minta kepada seluruh gubernur, bupati dan walikota baik yang berada di pulau Jawa dan Bali maupun di luar Jawa semuanya untuk terus turun ke bawah," tegas Jokowi.

Tak hanya itu, Kepala Negara ini juga meminta agar kepala daerah mengontrol berbagai kesiapan penanganan pandemi seperti obat-obatan hingga tempat isolasi pasien Covid-19.

Baca Juga: Jokowi Minta Kepala Daerah Turun Langsung Mengecek Penanganan Covid-19

“Mengontrol kesiapan-kesiapan baik itu obat-obatan, baik itu alat kesehatan, baik itu tabung oksigen dan juga tempat-tempat isolasi yang selalu dan harus dipersiapkan,” lanjutnya.

Di sisi lain, terkait keriapan Rusun Pasar Rumput, Jokowi mengungkapkan tempat isolasi  ini siap beroperasi dan dapat menampung ribuan pasien Covid-19. 

Menurut penjelasannya, Rusun Pasar Rumput sendiri terdiri atas tiga tower. Tower pertama yang dicek Presiden telah siap digunakan dengan kapasitas 2.060 tempat tidur.

Jika ditambah dengan tower kedua dan ketiga yang akan siap dalam 2-3 hari ini, maka kapasitas total mencapai 5.950 tempat tidur.

“Kita harapkan dengan persiapan-persiapan seperti ini, kalau memang terjadi lonjakan kita sudah ada kesiapan,” jelas Jokowi. 

Baca Juga: Cek Kesiapan Rusun Pasar Rumput, Jokowi: Siap Tampung 8.010 Pasien Covid-19



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x