Kompas TV advertorial

Catat! Kiat Sehat Isolasi Mandiri di Rumah Menurut Dokter

Kompas.tv - 3 Juli 2021, 20:34 WIB
catat-kiat-sehat-isolasi-mandiri-di-rumah-menurut-dokter
Ilustrasi isolasi mandiri. (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Elva Rini

JAKARTA, KOMPASTV – Meningkatnya kasus terkonfirmasi Covid-19 hingga saat ini membuat pemerintah mengambil kebijakan agar pasien positif tanpa gejala dan pasien bergejala ringan melakukan isolasi mandiri.

Penanganan ini dtujukan untuk mengurangi beban rumah sakit yang saat ini diprioritaskan untuk perawatan intensif pasien bergejala sedang higga berat.

Dr. Andi Khomeini Takdir, Sp.PD (K-Psi), Dokter Spesialis Penyakit Dalam & Konsultan Penyakit Dalam Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet menyebutkan, saat ini tenaga kesehatan yang ada di RSDC Wisma Atlet mengalami kelelahan akibat banyaknya pasien yang harus ditangani.

“Perlu rencana mitigasi untuk menjaga masyarakat tidak jatuh sakit. Apabila masyarakat tidak sakit, maka kapasitas rumah sakit tidak akan penuh sehingga tenaga kesehatan kita tidak kelelahan merawat pasien,” terangnya dalam Dialog Produktif yang diselenggarakan  KPCPEN dan disiarkan FMB9ID_IKP, Selasa (29/6/2021).

Baca Juga: RS Rujukan Over Kapasitas, Pemprov Jatim Dirikan Rumah Isolasi Covid-19 di Asrama Haji

Menurut dr. Andi, masyarakat jangan terlalu fokus dalam menyalahkan adanya varian Covid-19, “Kunci dari pencegahannya adalah masker. Masker dua lapis menurut penelitian Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dikatakan mampu meningkatkan proteksi dari 60-80 persen menjadi 90 persen,” anjurnya.

Dr. Andi mengimbau agar pengetahuan baru ini jangan berhenti sebatas pengetahuan, tapi dijadikan kebiasaan. Saat masyarakat mulai disiplin, dia meyakini pandemi bisa terkendali.

Terkait dengan isolasi mandiri, dr. Andi menyatakan masyarakat perlu mengetahui kiat-kiat isolasi mandiri yang benar agar kesehatannya cepat pulih.

Dia menjelaskan bahwa saat melakukan isolasi mandiri di rumah, pertama-tama pasien harus memakai masker.

Kedua, kamar harus terpisah dan pastikan jendela kamar isolasi mandiri pasien terbuka.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x