Kompas TV regional kesehatan

Bakal Ada Instalasi Generator Oksigen Medis di RSUD Panembahan Senopati Bantul, Ini Keuntungannya

Kompas.tv - 28 Juni 2021, 16:53 WIB
bakal-ada-instalasi-generator-oksigen-medis-di-rsud-panembahan-senopati-bantul-ini-keuntungannya
Ilustrasi tabung oksigen di Bantul. (Sumber: Blickpixel, Pixabay, Creative Commons.)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Hariyanto Kurniawan

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Bakal ada instalasi produksi oksigen medis di RSUD Panembahan Senopati Bantul. Pemkab Bantul akan menfasilitasi pembangunan ini untuk mengantisipasi kebutuhan oksigen ketika ada lonjakan angka kasus Covid-19.

Menurut Kepala Subbag Hukum Pemasaran dan Kemitraan RSUD Panembahan Senopati Bantul Siti Rahayu Ningsih, rumah sakit akan menyiapkan lokasi yang digunakan untuk tempat instalasi generator oksigen, sementara Pemkab Bantul menyediakan peralatannya.

Terkait sumber daya manusia untuk mengoperasikan instalasi ini, RSUD Panembahan Senopati Bantul akan mengerahkan tim yang ada.

"Prinsip kerja instalasi ini sama, hanya saja peralatannya yang belum ada dan akan disediakan Pemkab Bantul," ujarnya, Senin (28/6/2021).

Baca Juga: Emosi Saat Diminta Pakai Masker, Pria di Bantul Nekat Pukul Polisi

Selama ini RSUD Panembahan Senopati hanya mengandalkan sentral gas medis yang disediakan pihak ketiga. Namun, pasokan dari pihak ketika untuk saat ini tidak bisa dipastikan seiring dengan tingginya permintaan oksigen dari berbagai rumah sakit. 

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih akan membangun instalasi oksigen di kompleks RSUD Panembahan Senopati Bantul mulai bulan depan. 

"Dengan adanya instalasi pengolahan oksigen sendiri di RSUD Panembahan Senopati, kami tidak perlu lagi bergantung dengan pihak ketiga untuk memasok oksigen," ucapnya.

Baca Juga: Kronologi Warga Pukul Personel Polsek Pandak Bantul Saat Imbauan Protokol Kesehatan



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x