Kompas TV regional update corona

Klaster Ini Paling Mendominasi Penularan Covid-19 di DIY

Kompas.tv - 25 Juni 2021, 18:09 WIB
klaster-ini-paling-mendominasi-penularan-covid-19-di-diy
Ilustrasi virus corona, penyebab Covid-19 di DIY. (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Hariyanto Kurniawan

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Angka penambahan harian kasus Covid-19 di DIY belum menunjukkan penurunan. Sudah dua hari ini angka kasus Covid-19 menembus 700. Pada 24 Juni 2021 penambahan kasus Covid-19 sebanyak 791 dan pada 25 Juni 2021 penambahan kasus harian sebanyak 783.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembajun Setyaningastutie lonjakan kasus Covid-19 juga disebabkan karena tracing atau penelusuran yang masif. Ia menyebutkan asal sejumlah klaster kasus Covid-19 yang muncul di DIY.

"Kasus meningkat karena hasil tracing. Tracing sosial masyarakat, perkantoran, dan tempat wisata, yang dominan adalah klaster sosial masyarakat," ujarnya dalam jumpa pers virtual, Jumat (25/6/2021).

Baca Juga: Ada Perbedaan Data Covid-19 Kabupaten dan Pemda DIY, Begini Penjelasannya

Klaster sosial masyarakat yang dimaksud adalah acara atau kegiatan di masyarakat seperti hajatan atau layatan. Ia ragu jika saat ini yang diperlukan adalah edukasi kepada masyarakat.

"Masa edukasi terus, sekarang sama-sama kita mendisiplinkan kembali, tidak hanya masyarakat umum, tetapi semua, termasuk kami dan para aparat," ucapnya.

Pembajun juga menegaskan salah kaprah tentang vaksinasi Covid-19 masih saja tertanam di benak masyarakat. Sebagian masyarakat masih mempercayai ketika sudah mengikuti vaksinasi Covid-19, maka tidak bisa tertular Covid-19.

Ia menyatakan hal itu keliru, sebab vaksinasi Covid-19 berfungsi untuk meringankan gejala ketika terpapar Covid-19 dan menurunkan risiko kematian akibat Covid-19.

Baca Juga: Kabar Baik, Samator Bakal Datangkan Truk Tangki Besar untuk Mempercepat Distribusi Oksigen ke DIY




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x