Kompas TV regional berita daerah

Kasus Covid-19 Meningkat, Vaksinasi Gotong Royong di Sejumlah Daerah Dipercepat

Kompas.tv - 19 Juni 2021, 17:34 WIB
Penulis : KompasTV Jember

MALANG DAN SIDOARJO, KOMPAS.TV - Vaksinasi Covid-19 terus dikebut di sejumlah daerah di Provinsi Jawa Timur. Di Kota Malang, 700 dosis vaksin diberikan ke masyarakat umum. Sedangkan di Kabupaten Sidoarjo, 2 ribu lebih petugas Bandara Juanda disuntik vaksin.

Pemkot Malang menggelar vaksinasi massal di Gedung Samantha Krida Universitas Brawijaya Malang pada Kamis (17/06/2021). Kegiatan itu digelar secara gotong royong antar sejumlah pihak, yakni Dinas Kesehatan, Ikatan Dokter Indonesia, Satgas Covid-19 dari NU, Puskesmas dan Komunitas Malang Peduli Demokrasi.

Total ada 700 dosis vaksin AstraZeneca yang disediakan untuk 700 warga. Jumlah itu tidak mencukupi, karena yang daftar vaksin mencapai 1000 orang lebih. Vaksinasi di Kota Malang terus dikebut. Usai disuntik vaksin dosis pertama hari Kamis, peserta akan kembali disuntik vaksin tiga Minggu kemudian.

Baca Juga: Kemenkes Luruskan Perbedaan Vaksin Gotong Royong dan Pemerintah dalam Permenkes No.18 Tahun 2021

Vaksinasi gotong royong juga digelar di Bandara Juanda Kabupaten Sidoarjo pada Jumat (18/06/2021). Ada 2.400 lebih petugas bandara dan anggota komunitas Bandara Juanda yang mendapatkan vaksin di area lobby Terminal 1 Bandara Juanda.

Untuk mencegah kerumunan, pihak pengelola Bandara Juanda membagi vaksinasi menjadi 3 sesi dengan melibatkan 26 tenaga medis atau vaksinator.

Humas Angkasa Pura 1 Juanda, Yuristo Ardhi mengatakan bahwa pemberian vaksin diharapkan dapat mencegah penularan Covid-19 di area Bandara Internasional Juanda dan untuk memulihkan jumlah pengguna jasa penerbangan yang turun drastis selama pandemi.

Program vaksinasi terus dikebut, per 16 Juni 2021, sudah ada 33,3 juta dosis vaksin yang didistribusikan ke masyarakat. 11,8 juta orang sudah menerima vaksin 2 dosis, sedangkan 21,4 juta orang masih dosis 1.

 

#Vaksinasi #VaksinGotongRoyong #Covid-19 #MasyarakatUmum #BandaraJuanda #Malang #Sidoarjo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x