Kompas TV regional update corona

Angka Penerima Vaksinasi di Palu Masih Rendah

Kompas.tv - 19 Juni 2021, 17:01 WIB
Penulis : Natasha Ancely

PALU, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo telah menargetkan kekebalan kelompok atau herd immunity dari vaksinasi harus tercapai pada bulan Agustus.

Itu artinya minimal 70 persen rakyat Indonesia sudah mendapat vaksinasi dosis lengkap.

Namun di Palu, Sulawesi Tengah angka vaksinasi warga lansia yang menjadi kalangan prioritas pertama penerima vaksin masih sangat rendah dibanding angka capaian vaksinasi nasional.

Memasuki bulan Juni 2021 cakupan vaksinasi untuk lansia di Kota Palu masih sangat rendah, padahal vaksinasi lansia di Kota Palu ditargetkan selesai pada bulan Juli mendatang.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Palu, vaksinasi lansia saat ini baru berjalan sekitar 14,72 persen. Persentase ini sangat rendah dari cakupan vaksinasi lansia secara nasional.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kesling Dinas Kesehatan Palu Lutfiah mengatakan, rendahnya cakupan vaksinasi bagi lansia dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya rasa takut untuk di vaksin dan memiliki komorbid atau penyakit bawaan.

Untuk meningkatkan cakupan vaksinasi lansia di Palu, pemerintah kota telah mengajak sejumlah organisasi profesi dokter untuk bersinergi dalam meningkatkan vaksinasi bahkan dalam waktu dekat ini Pemkot Palu Aoan menggelan festival vaksin bagi warga.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.