Kompas TV video internasional

Kim Jong Un Bersumpah Membawa Korea Utara Keluar dari Krisis Ekonomi

Kompas.tv - 19 Juni 2021, 13:24 WIB
Penulis : Aryo bimo

PYONGYANG, KOMPAS.TV - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, bersumpah dengan sungguh-sungguh akan membawa negaranya keluar dari krisis ekonomi yang lebih dalam.

Sumpah tersebut diucapkan Kim Jong Un saat menghadiri rapat besar dengan Partai Buruh di Pyongyang, Korea Utara, Jumat (18/6/2021).

Dalam rapat dengan Partai Buruh yang berlangsung selama empat hari itu, Kim Jong Un mengakui Korea Utara sedang kekurangan pangan.

Kim juga mendesak para pejabat untuk mempersiapkan dialog dan konfrontasi dengan pemerintahan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden.

Kantor berita Korea Utara, KCNA, merilis pernyataan Kim Jong Un, sehari sebelum utusan Presiden Biden, Sung Kim, tiba di Korea Selatan.

Tujuan kedatangan Sung Kim adalah untuk mengajak sekutu Amerika tersebut dalam mempersiapkan proses diplomasi terkait program nuklir Korea Utara.

Korea Utara yang terkena berbagai sanksi internasional atas senjata nuklir serta program rudal balistiknya, sejak lama berjuang mengatasi ketersediaan pangan.

Pandemi virus Corona dan serangkaian bencana alam seperti badai musim panas serta banjir, semakin memperparah situasi Korut sejak tahun 2020 lalu.

Video Editor: Agung Ramdani



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x