Kompas TV regional update corona

Alami Flu dan Batuk Setelah Jenguk Tetangga, 35 Warga Satu RT di Bandung Barat Positif Covid-19

Kompas.tv - 19 Juni 2021, 02:35 WIB
alami-flu-dan-batuk-setelah-jenguk-tetangga-35-warga-satu-rt-di-bandung-barat-positif-covid-19
Ilustrasi penerapan protokol kesehatan (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Hariyanto Kurniawan

BANDUNG, KOMPAS.TV - Sebanyak 35 warga RT 04/14, Desa Mekarjaya, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat harus menjalani isolasi mandiri setelah diketahui positif Covid-19.

Sebelumnya, sejumlah warga diketahui menjenguk tetangga yang sakit. Namun, setelah menjenguk sejumlah warga mengeluhkan batuk, flu, dan demam hingga kehilangan penciuman.

Para warga lantas mengikuti rapid tes antigen yang digelar oleh Dinas Kesehatan Bandung Barat melalui Puskesmas Cikalongwetan, Rabu (16/06/2021) kemarin.

Baca Juga: Zaskia Adya Mecca Ungkap Kronologi Dua Putrinya Positif Covid-19

Ifah Syarifah, Pelaksana Harian Puskesmas Cikalongwetan menjelaskan telah melakukan rapid test antigen ke 61 warga. Hasilnya sebanyak 31 warga positif Covid-19.

"Kemudian dites lagi ke 44 warga dan ada empat lagi yang positif. Jadi totalnya 35 warga positif," kata Ifah, seperti dikutip dari Kompas.com, Jumat (18/6/2021).

Selama menjalani isolasi mandiri, para warga akan dipantau ketat selama 14 hari oleh pihak Puskesmas Cikalongwetan, aparat desa, RT, dan RW setempat.

Baca Juga: Covid-19 pada Anak di Bawah 18 Tahun Meningkat

Pemantauan yang dilakukan untuk memudahkan dalam memberikan penanganan medis yang diperlukan.

Selain itu pihak puskesmas juga telah menyiapkan rujukan ke rumah sakit apa bila terdapat warga yang kondisinya memburuk.

"Kita siapkan rujukan ke rumah sakit bila harus dirujuk. Ruang rawat inap juga ada di puskesmas untuk pasien kategori hijau atau kuning," ungkapnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.