Kompas TV nasional berita utama

Keterisian RS Darurat Wisma Atlet Mencapai 78,6 Persen

Kompas.tv - 18 Juni 2021, 18:45 WIB
keterisian-rs-darurat-wisma-atlet-mencapai-78-6-persen
Antrean ambulans di RSD Wisma Atlet, Kebayoran, Jakarta (Sumber: Kompas.com/Garry Lotulung)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Keterisian Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran mencapai 78.60 persen hari ini, Jumat (18/6/2021).

Pernyataan itu disampaikan oleh Koordinator Humas dan Komandan Lapangan RSDC Wisma Atlet Kemayoran, Letkol Muhammad Arifin, Jumat.

“Pasien yang kita rawat di Wisma Atlet Kemayoran berjumlah 5.812 hampir tembus 6.000, jadi kita keterisiannya sudah 78,60 persen tinggal 21 persen,” ujarnya.

“Ini setelah di-upgrade ya, dari yang pertama dulu 5.994 jadi kalau tidak di-upgrade sudah 95 persen lebih,” tambahnya.

Dalam keterangannya, Letkol Muhammad Arifin menuturkan bahwa hingga Kamis (17/6/2021) malam total pasien yang masuk ke RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran dan Pademangan sebanyak 1.099 orang.

“Ini angka yang cukup fantastis ya, memang begini keadaannya. Ini sebagai peringatan untuk kita bersama,” ujarnya.

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Jakarta Melonjak, KPK Batasi Kunjungan Rutan

“Ini kondisi genting, kalau enggak genting kita enggak sampai Nagrak (Rusun Nagrak, Cilincing, Marunda, Jakarta Utara),” tambahnya.

Saat ini, kata Letkol Muhammad Arifin, RS Darurat Wisma Atlet untuk sementara tidak menerima pasien Covid-19 tanpa gejala. Termasuk tidak menerima pasien dengan gejala ringan yang non-komorbid.

“Kemarin malam itu sudah dibuka di tower 8 (pademangan), yang diterima adalah pasien tanpa gejala dan gejala ringan yang non-komorbid,” katanya.

Meski baru dibuka satu hari dibuka, Letkol Muhammad Arifin mengatakan tower 8 yang berada di Pademangan sudah terisi oleh 662 pasien.

Baca Juga: Tekan Penyebaran Covid-19 di Jakarta, Polda Metro Jaya Perketat Operasi Yustisi

Sementara, lanjut Letkol Muhammad Arifin, daya tamping tower 8 hanya mampu menampung kapasitas 1.569 orang.

“Kalau sekali masuk segitu, dan saya lihat dari grup puskesmas masih tracing dan tracking dan masih banyak yang positif. Kalau katakanlah 600, tower 8 itu hanya mampu 1569, ya paling tiga hari, kalau segitu terus ya sudah penuh,” ujarnya.

Sebagai informasi, kasus Covid-19 di tanah air meningkat signifikan dalam waktu seminggu terakhir ini.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Kompas TV, pasien di RS Wisma Atlet Kemayoran dan Pademangan didominasi oleh klaster keluarga.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.