Kompas TV video sinau

Inggris vs Skotlandia, Three Lions dan Tartan Army Perebutkan Tiket 16 Besar

Kompas.tv - 18 Juni 2021, 22:16 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Inggris akan berhadapan dengan Skotlandia dalam matchday kedua Grup D Piala Eropa 2020 pada Sabtu (19/6/2021) dini hari pukul 02.00 WIB. Pertandingan ini akan berlangsung di Stadion Wembley, London, Inggris.

Bagi Inggris, kemenangan di laga ini akan menjamin tiket menuju babak 16 besar. Sementara, Skotlandia perlu meraih 3 poin untuk keluar dari posisi juru kunci Grup D.

Sebelumnya, Inggris menang tipis atas Kroasia dengan skor 1-0. Sedangkan Skotlandia mesti takluk dari Republik Ceko dengan skor 0-2.1.

Laga antara kedua negara ini adalah derby internasional tertua di dunia. Pertemuan pertama kedua negeri jiran ini terjadi pada 1872 di Hampden Park, Glasgow.

Sejak saat itu, pertemuan Inggris dengan Skotlandia selalu menjadi duel panas bersejarah. Laga kedua negara ini acap ramai karena keberadaan para penonton dari kalangan hooligan.

Salah satu momen paling mengesankan dalam sejarah pertemuan Inggris dan Skotlandia terjadi pada 1977.

Para pendukung Skotlandia merangsek masuk ke lapangan usai Skotlandia menang atas Inggris dengan skor 2-1 dalam pertandingan di Stadion Wembley.

Selama 139 tahun usia derby ini, kedua negara telah bertemu sebanyak 114 kali. Inggris unggul tipis dengan catatan 48 kemenangan, 25 imbang, dan 41 kalah.

Inggris tak terkalahkan dalam 4 pertemuan terakhir sejak 2013 dengan 3 kemenangan dan 1 hasil seri. Kedua tim terakhir bertemu dalam babak kualifikasi Piala Dunia 2018.

Sepanjang sejarah Piala Eropa, Inggris punya capaian lebih baik dengan berhasil tampil di 5 dari 6 babak final Piala Eropa sejak 2008. Mereka juga berhasil melaju ke semifinal Piala Eropa 1968 dan 1996.

Sementara, ini adalah kali pertama Skotlandia kembali masuk dalam babak final Piala Eropa sejak 2000.

Prediksi line-up:

Inggris: Pickford; Walker, Stones, Mings, Shaw; Phillips, Rice, Mount; Foden, Kane, Sterling.

Skotlandia: Marshall; Hendry, Hanley, Tierney; Forrest, McGinn, McTominay, Armstrong, Robertson; Dykes, Adams.(*)

Grafis: Joshua Victor



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x