Kompas TV nasional peristiwa

Hari Ini dalam Sejarah, 18 Juni Ada Apa Saja?

Kompas.tv - 18 Juni 2021, 05:30 WIB
hari-ini-dalam-sejarah-18-juni-ada-apa-saja
Tampak bagian latar depan Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah di Kepulauan Riau yang diambil dari nama Raja Haji Fisabillah. (Sumber: Warta kota/andika pandu winata.)
Penulis : Gading Persada | Editor : Hariyanto Kurniawan

SOLO, KOMPAS.TV- Hari ini dalam sejarah, banyak terjadi peristiwa dari berbagai penjuru baik di dalam maupun dari luar negeri pada 18 Juni. 

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini KompasTV rangkumkan sejumlah peristiwa yang terjadi pada 18 Juni:

1. Dipimpin Seorang Wanita, Pasukan Perancis Kalahkan Inggris

Tanggal 18 Juni 1429, Pasukan Prancis yang dipimpin seorang wanita, Jeanne d'Arc, berhasil mengalahkan pasukan Inggris pimpinan John Fastolf dalam Pertempuran Patay di Patay, Perancis.

Dari salah satu pertempuran dalam Perang Seratus Tahun itu, pasukan Inggris menelan banyak kerugian dengan kehilangan banyak tentaranya. Sekitar 2.500 tentara Inggris tewas, sedangan Perancis hanya kehilangan 100 tentaranya.

2. Pertempuran Kolin

Pada 18 Juni 1757 telah terjadi Pertempuran Kolin yang merupakan perang antara pasukan Austria dan pasukan Prusia.

Perang ini meletus di Kolin, sebelah timur Kota Praha, Republik Ceko. 

Dalam pertempuran itu, pasukan Austria yang dipimpin Count Leopold Joseph von Daun berhasil mengalahkan pasukan Prusia pimpinan Frederick II.

3. Pahlawan Nasional asal Riau Raja Haji Fisabillah Wafat

Raja ini lahir di Kota Lama, Ulusungai, Riau, tahun 1725 dan wafat di Kampung Ketapang, Melaka, Malaysia, 18 Juni 1784. Sebagai salah satu pahlawan nasional Indonesia, ia dimakamkan di Pulau Penyengat Inderasakti, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau. 

Raja Haji Fisabililah merupakan adik dari Sultan Selangor pertama, Sultan Salehuddin dan paman sultan Selangor kedua, Sultan Ibrahim.

Namanya diabadikan dalam nama bandar udara di Tanjung Pinang, Bandar Udara Internasional Raja Haji Fisabilillah. Salah satu masjid yang ada di Selangor, Malaysia, yaitu kota Cyberjaya dinamakan Masjid Raja Haji Fisabililah.

Baca Juga: Sejarah Hari Ini, 17 Juni 157 Tahun Lalu, Jalur Kereta Pertama di Indonesia Dibangun

4. Amerika Berperang dengan Inggris

Tercatat pada 18 Juni 1812, Amerika Serikat (AS) pernah menyatakan perang terhadap Inggris. Perang tahun 1812 adalah konflik militer antara Amerika Serikat dan Britania Raya dari tahun 1812 sampai 1815, meskipun traktat perdamaian ditandatangani pada 1814.

Amerika Serikat punya sejumlah alasan menyatakan perang pada tahun 1812. Seperti restriksi perdagangan akibat perang Britania dengan Prancis, perekrutan paksa pelaut dagang Amerika oleh Angkatan Laut Britania Raya, dukungan Britania untuk suku Indian melawan ekspansi Amerika, kemarahan luar biasa setelah terjadinya penghinaan terhadap kehormatan nasional setelah insiden di laut lepas dan kemungkinan niat Amerika menganeksasi Kanada.

5. Napoleon Bonaparte Kalah dalam Pertempuran Waterloo

Lukisan Napoleon Bonaparte menunggang kuda saat memimpin pasukannya. (Sumber: Shutterstock/Everett Collection via Kompas.com)

Tanggal 18 Juni 1815, Pasukan Prancis yang dipimpin Napoleon Bonaparte menelan kekalahan dari pasukan Koalisi pimpinan Adipati Wellington, Arthur Wellesley, dalam Pertempuran Waterloo.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x