Kompas TV video sinau

Benarkah AB- Golongan Darah Paling Langka?

Kompas.tv - 18 Juni 2021, 16:02 WIB
Penulis : Edika ipelona

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mengetahui golongan darah diperlukan apabila kelak seseorang akan mendonorkan darahnya atau membutuhkan transfusi darah. Ketidaksesuaian golongan darah dapat menyebabkan gagal ginjal pada penerimanya. 

Nah, bicara soal golongan darah, seluruh dunia sepakat dengan 4 jenis golongan darah dengan rhesusnya masing-masing. Perbedaan golongan darah ini didasarkan pada populasi. Misalnya, golongan darah O lebih banyak ditemukan pada orang Latin. Sedangkan pada orang Asia, golongan darah B lebih umum ditemukan. 

Nah, berdasarkan jumlah populasinya, golongan Darah AB rhesus negatif adalah yang paling langka. Mengapa? Karena pemilik golongan darah AB mendapatkan antigen A dan antigen B dari orangtuanya. Karena pemilik golongan darah B lebih sedikit, kombinasi golongan darah A dan B juga lebih rendah. 

Tapi, berbicara soal golongan darah paling langka, ada yang lebih langka dari AB-. Ini dia Golden Blood dengan Rhesus Null. Golden blood dikabarkan mampu memberikan darahnya ke semua jenis golongan darah. Saking langkanya, golden blood hanya dimiliki 43 orang di dunia. 

Video Edtor: Rengga Rinasti
Video Grafis: Achmad Ilyas



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.