Kompas TV nasional sosial

Siap Dibangun Oktober Nanti, Papua Youth Creative Hub akan Jadi Ruang Kreatif Anak Papua

Kompas.tv - 17 Juni 2021, 11:29 WIB
siap-dibangun-oktober-nanti-papua-youth-creative-hub-akan-jadi-ruang-kreatif-anak-papua
Rencana desain Papua Youth Creative Hub di Kota Jayapura, Provinsi Papua. (Sumber: Dok. Kementerian PUPR)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pusat pengembangan kreativitas pemuda-pemudi Papua atau Papua Youth Creative Hub, akan segera dibangun pada Oktober 2021 mendatang.

Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) John Wempi Wetipo menyebut,  pembangunan Papua Youth Creative Hub sebagai bentuk dukungan pemerintah kepada anak Papua.

Dengan memberikan porsi ruang yang lebih banyak kepada pemuda Papua supaya lebih kreatif, berkembang, dan maju.

"Selama Pandemi Covid-19, banyak orang bicara tentang kreatif hingga lompatan teknologi yang membuat kita harus berubah. Jadi, kalau hari ini ada kemauan besar negara menolong pemuda Papua untuk lebih kreatif, saya pikir ini kesempatan besar untuk berubah," tegas Wempi dalam siaran pers, Rabu (16/6/2021).

Baca Juga: Pembangunan Pelabuhan New Ambon Diusulkan Masuk ke PSN 2020-2024

Konstruki Papua Youth Creative Hub rencananya mengambil lokasi di Jalan Poros Abepura yang berjarak sekitar 11 kilometer dari pusat Kota Jayapura, dengan total luas lahan 15.000 meter persegi.

Dengan rincian, 60 persen lahan hijau dan 40 persen massa bangunan, infrastruktur itu kemudian diharapkan dapat menjadi area resapa air sekaligus pembentuk micro-climate bagi masyaralat yang memanfaatkannya.

Dalam surat usulan pembangunannya, disebutkan pula kebutuhan ruang bangunan dari Papua Youth Creative Hub yang luasnya mencapai 7.288 meter persegi.

Kebutuhan ruang tersebut meliputi bangunan utama seluas 2.870 meter persegi, dormitory atau ruang asrama seluas 1.860 meter persegi, fasilitas olahraga 1.230 meetr persegi, serta fasilitas umum seluas 1.328 meter persegi.

Baca Juga: Pembangunan Rumah untuk Korban Banjir NTT Sudah Rampung di Dua Kabupaten



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.