Kompas TV regional berita daerah

Proses PPDB tingkat SMA/SMK terkendala server

Kompas.tv - 16 Juni 2021, 19:50 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

BREBES, KOMPAS.TV - Hari pertama, pendaftaran pengajuan akun penerimaan peserta didik baru  (PPDB) online atau daring tingkat SMA dan SMK negeri di Jawa Tengah,  mengalami kendala. Seperti yang terjadi di SMA Negeri satu Brebes, banyak siswa yang tidak bisa memasukkan data di laman situs PPDB.

Para siswa yang mengalami kendala tersebut mendatangi sekolah untuk mendapat panduan dari pihak sekolah. Salah seorang calon siswa mengatakan sudah berkali kali mengakses laman pendaftaran namun tetap saja gagal.

“Ada kesalahan di alamatnya dan datang ke sekolah untuk membetulkan data,” kata Vindi, calon siswa. 

Selain terkendala server, sejumlah calon siswa yang tinggal di daerah terpencil juga terkendala jaringan internet. Tak hanya itu beberapa diantaranya tidak memiliki gawai. Karena situasi masih dalam pandemi Covid-19, panitia pendaftaran siswa baru membatasi calon siswa yang datang ke sekolah untuk melakukan proses pendaftaran.

Kendala yang dialami calon siswa diantaranya kesulitan memasukan data persyaratan seperti menginput Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) / dan Nomor Kartu Keluarga (KK).

“Semuanya online dan kendalanya yakni para calon siswa bingung memasukkan NIS dan NIK. Rata-rata para calon siswa memasukkan NIK ada yang salah, jadi datanya tidak masuk, “ kata Ashar Iwan, petugas IT penerimaan siswa baru SMA Negeri 1 Brebes.

Pengajuan akun dimulai dari tanggal 14 hingga 19 Juni 2021. Kemudian pendaftarannya dibuka pada tanggal 21 Juni mendatang.

#Brebes #PPDB #SMA #PendaftaranSiswa



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x