Kompas TV internasional kompas dunia

Kim Jong Un Ungkap Korea Utara Terancam Kekurangan Bahan Makanan

Kompas.tv - 16 Juni 2021, 16:28 WIB
Penulis : Laura Elvina

PYONGYANG, KOMPAS.TV - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un memimpin rapat pleno komite pusat Partai Buruh yang dimulai pada Selasa (15/6). Dalam pidato pembukaan, Kim mengungkapkan bahwa ekonomi Korea Utara mulai membaik di tahun ini.

Namun Kim juga menyatakan bahwa negaranya saat ini terancam kekurangan bahan makanan akibat pandemi Covid-19 dan bencana angin topan tahun lalu. 

Kim Jong Un menyerukan kepada para pejabat Korea Utara, perlunya sejumlah langkah-langkah strategis untuk mengatasi situasi pangan yang ketat, dilansir dari Associated Press.

Ancaman kekurangan bahan makanan di Korea Utara terjadi setelah sektor pertanian negara tersebut gagal produksi karena angin topan.

"Kondisi pangan masyarakat sekarang semakin tegang karena sektor pertanian gagal memenuhi rencana produksi kerusakan akibat topan tahun lalu," kata Kim.

Pada Januari, Kim mengatakan rencana ekonomi lima tahun sebelumnya telah gagal di hampir setiap sektor. Pernyataan tersebut dilontarkan Kim di tengah kekurangan listrik dan makanan kronis yang diperburuk oleh sanksi internasional, pandemi, dan banjir.

Video editor: Febi

Baca Juga: Kim Jong Un Ancam Fans K-Pop di Negaranya dengan Hukuman Penjara Hingga Eksekusi Mati.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x